Pj Gubernur Elen Setiadi Pastikan 490 Personil Siap Tanggulangi Karhutla di Sumsel

Foto

Palembang. Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Elen Setiadi bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Pembukaan Pelatihan Penanggulangan Karhutla Di Wilayah Sumsel yang diselengarakan oleh Polda Sumsel.Palembang. Griya Agung, (25/07/2024).

Dalam pelaksanaan Upacara tersebut, Elen Setiadi mengatakan beberapa hari terakhir telah mendapatkan informasi bahwa di beberapa titik wilayah Provinsi Sumsel telah terjadi kebakaran lahan yang cukup menghawatirkan seperti diwilayah Ogan Ilir, Pali, OKI dan Musi Banyuasin sehingga ini menjadi atensi khusus dalam mitigasi untuk sosialisasi,patroli dan pemadaman dini mengingat ini sudah memasuki musim panas dan kemarau.

"Untuk itu upaya mitigasi perlu kita tingkatkan seperti sosialisasi, patroli,pemadaman dini hal ini perlu dilakukan untuk mencegah secara dini kebakaran hutan dan lahan, karena kalau tidak ditangani secara dini dengan keterbatasan sumber air maka api semakin luas dan semakin sulit dipadamkan"ungkapnya

Sementara itu Kapolda Sumsel Rachmad Wibowo menyampaikan Personil yang melakukan Upacara Pembukaan Pelatihan Penanggulangan Karhutla Di Wilayah Sumsel sebanyak 250 personil yang terdiri dari Polri dan TNI yang mana dilatih oleh Manggala Agni.

"Untuk kekuatan sendiri setelah dilatih hari Kamis dan Jum'at oleh manggala agni akan ditambah kekuatan oleh personil Manggala Agni sebanyak 240 jadi alhamdulillah total seluruh personil berjumlah 490 orang untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan diwilayah Sumsel"paparnya

Ia melanjutkan untuk peralatan sejauh ini sudah dilengkapi dengan berbagai kebutuhan seperti peralatan mesin dan pompa - pompa sehingga kesiapan untuk pemadaman dini dapat dilaksanakan dengan baik.

Turut Hadir Kepala BPBD Sumsel M Iqbal Alisyahbana, Ketua DPRD Sumsel R.A Anita Noeringhati SH., MH, Kapolda Sumsel Rachmad Wibowo dan OPD lainnya.