Pesan Jokowi di HPN 2023 : Jadilah Pembuat Berita yang Bertanggung Jawab

Foto

Medan, sumselprov.go.id- Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Kepala Kesbangpol Prov Sumsel Kurniawan AP. M.Si., menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di kota Medan Provinsi Sumatera Utara tepatnya di Gedung Serbaguna Pemprov SU, Medan, Kamis (9/2/2023).

Hadir memberikan sambutan, Presiden RI, Joko Widodo, katakan saat ini pers mencakup media informasi yang tampil dalam bentuk digital dan memungkinkan semua orang bebas membuat berita. Oleh sebab itu, Ia menegaskan yang utama saat ini adalah membuat pemberitaan yang bertanggung jawab karena masyarakat kebanjiran berita dari berbagai platform.

"Algoritma raksasa digital cenderung mengutamakan komersil dan sensual mengorbankan kualitas jurnalisme atending. Hal ini tidak boleh mendominasi lingkungan masyarakat," katanya.

Disamping itu, sumber daya kekuatan media konvensional juga semakin berkurang, karena kebanyakan periklanan sudah didominasi oleh media digital. Oleh sebab itu, Insan media justru sangat dibutuhkan untuk menyajikan informasi terverifikasi, aktual dan memberikan harapan  dan optimisme ke masyarakat

"Saya minta semua pihak termasuk Pemerintah Pusat dan Pemda mendukung keberadaan media arus utama, sehingga mereka mampu eksis dengan inovasi dan langkah-langkah strategis," katanya.

Dalam kesempatan itu,  dilakukan Nota Kesepahaman PWI Pusat bersama Astra, BPDPKS, BNI, Perhumas, Perpusnas, Artha Graha Peduli, Bulog. Dan Deklarasi Pers Nasional tentang Kemerdekaan Pers.

Acara ditutup dengan pengetikan kata HPN Oleh Presiden RI, dengan menggunakan mesin ketik yang diproduksi pada tahun 1885 dan pernah dipakai jurnalis pewarta tele di Medan.

Acara dihadiri juga Ketua MPR RI, Panglima TNI, Kapolri, Para Duta Besar Negara Sahabat, Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Para Gubernur se-Indonesia, Para Bupati/Walikota se-Indonesia, dan seluruh Wartawan se-Indonesia.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.