HD Takjub, ICMI Inisiasi Pengembangan Sorgum di Provinsi Sumsel

Foto

Palembang, sumselprov.go  - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mendukung penuh inisiasi Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi Sumsel yang mengakselerasi ketahanan pangan,  dengan pangan lokal melalui pengembangan sorgum. 

Pengembangan tanaman sorgum dimulai dalam bentuk demplot, di salah satu pesantren yang ada di Provinsi Sumsel .

Hal tersebut tertuang saat Gubernur  Sumsel H. Herman Deru menerima audiensi ICMI Provinsi Sumsel, di Ruang Tamu Gubernur, Senin (12/12) Siang. 

HD menghimbau agar ICMI Provinsi Sumsel menyosialisasikan pengembangan sorgum yang merupakan tanaman serba guna,  dan bisa digunakan sebagai sumber pangan. 

“Sosialisasikan dulu manfaat sorgum baru mensosilasikan buyernya, Sorgum alternatif bagi petani dimana cara tanam dan pengolahannya dilakukan secara sederaha,”katanya 


Untuk diketahui, sorgum adalah tanaman yang toleran terhadap kekeringan sehingga tidak memerlukan banyak air selama pertumbuhannya.

“Ini kita salut penciptaan ide itu. Sorgum komoditas yang sangat  luar baiasa tapi sangat jarang di indonesia, ini juga alternatif beras merah,” pungkasnya 

Sementara Sekretaris Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Dr. Bahrul Ilmi Yakub. S.H., M. h., CGL dalam laporannya menyampaikan program- program ICMI kepada  dewan penasehat yang dalam hal ini Gubernur Provinsi Sumsel.

“Pertama mengenai kegiatan pelantikan, yang kedua kegiatan Silaturahmi Nasional, dan yang ketiga kita akan menggalakan penanaman sorgum di provinsi Sumsel, dalam rangka menjadikan Sumsel sebagai ketahanan pangan daerah, dan Alhamdulillah mendapat respon positif sekali dari Gubernur,” tambahnya

Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel