Tol Indralaya-Prabumulih Diresmikan, Presiden Jokowi Optimis Akan Berdampak Besar Bagi Semua Sektor

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Sebagai bagian rangkaian kunjungan kerja nya di Kota Palembang Sumatera Selatan, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Tol Indralaya-Prabumulih yang dibangun sejak Tahun 2019 dengan panjang 64,5 km dengan biaya investasi Rp. 12,5 Triliun. Peresmian dilakukan di titik nol ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih , Kamis (26/10/2023). Selain jalan Tol Jokowi juga mereamikan Fly over Patih Galung Kota Prabumulih.

Jokowi yang didampingi Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, Pj. Walikota Prabumulih H. Elman, mengatakan meski jalan tol dibangun dengan biaya yang tidak sedikit, tapi dampaknya terhadap negara dan rakyat sangat besar sekali. Apalagi waktu pembangunannya hingga 4 Tahun dikarenakan medan/kondisi di Sumatera Selatan agak berat.

"Pembangunan jalan tol juga berguna agar meningkatnya kecepatan mobilitas barang jasa sehingga daya saing semakin baik. Juga untuk meningkatkan produktivitas. Artinya jalan tol ini hubungkan dengan kawasan pertanian, kawasan wisata, kawasan industri maka manfattnya akan sangat besar " ujar Jokowi.

Jokowi juga menceritakan pertemuan dengan tokoh masyarakat, rabu malam(25/10) dimana mereka menceritakan dulunya kalau mau ke Lampung dari Palembang memakan waktu 10 hingga 12 jam dengan menggunakan mobil

" Tapi saat ini ke Lampung lewat Tol hanya 3.5 jam saja. Hal ini mwlembuktikan bahwa pembangunan jalan tol sangat dibutuhkan dan berguna untuk kecepatan yang ouar biasa" tegas Jokowi.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti Tol Indralaya-Prabumulih dan Fly Over Patih Galung Kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan serta Presiden Jokowi menempelkan kartu tol elektronik.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.