Sekda Sumsel Dorong OPD dan Stakeholder Gerak Nyata Cegah Inflasi

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Inflasi merupakan prioritas kerja pemerintah yang harus segera dicarikan solusinya agar angka inflasi dapat diturunkan di Indonesia, khususnya Sumatera Selatan agar dapat terkendali.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, Sekda Provinsi Sumatera Selatan, SA Supriono melakukan rapat bersama Pemerintah Kota Palembang dan Para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Rabu (20/12/2023).

Dalam rapat tersebut Sekda mengatakan ada dua kota yang disurvey secara rutin yaitu kota Palembang dan Lubuk Linggau yang dilakukan oleh BPS. Kita harus melakukan intervensi terhadap upaya penurunan inflasi di Provinsi Sumsel. Kita langsung saja pada upaya preventif dalam waktu dekat secara konkrit. Untuk itu perlu persamaan persepsi dan langka antara provinsi dan kota Palembang.

Ia juga menyampaikan bahwa ada 3 (tiga) penyebab yang tidak mungkin kita dapat intervensi, pertama tentang naiknya harga komoditas udang yang dialami oleh Kab . Banyuasin dikarenakan permintaan lebih besar. Kedua daging sapi itu karena rata - rata suplai nya berasal dari Palembang. Ketiga tidak adanya keseimbangan antara operator penerbangan dengan demain yang meningkat diakhir tahun, sehingga menyebabkan harga tiket pesawat menjadi lebih mahal.

Dalam rangka pencegahan inflasi jangka panjang, sekda menyampaikan bahwa diperlukan penataan kembali terhadap daerah - daerah penghasil komoditas agar daerah tersebut dapat membantu pemerintah menstabilkan harga.

Dalam rapat juga disampaikan bahwa Kamis, (21/12) akan dilaksanakan Sidak Pasar dan Operasi Pasar berupa Beras , gula, terigu, minyak goreng. Selain itu bawang merah dan bawang putih dibagikan gratis kepada masyarakat di Pasar Lemabang dan Pasar KM. 5.

Selain itu, Sekda Supriono juga menegaskan kepada Sekda Kota Palembang, Ir. H. Gunawan, M.T.P untuk membantu Provinsi Sumsel dalam menyiapkan segala sesuatu hal yang diperlukan dalam penyelenggaraan Sidak Pasar dan Operasi Pasar tersebut, termasuk juga mekanisme pembagian dan pengamanannya.

Turut hadir Inspektur Prov. Sumsel, Zulkarnain dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.