Sekda Sumsel Buka Pertemuan Monev Program Prioritas Bidang Kesehatan dan Penganugerahan Top 9 KIPP Bidang Kesehatan

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel SA Supriono saat membuka Pertemuan Monev Program Prioritas Bidang Kesehatan dan Penganugerahan Top 9 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Bidang Kesehatan mengatakan saat ini isu strategis yang menjadi prioritas adalah peningkatan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi dan KB, fokus turunkan AKI dan AKB. Kemudian percepatan perbaikan gizi, fokus turunkan prevelansi Stunting.

"Selain itu penurunan penyakit menular dan tidak menular, fikua penurunan angka TB Paru, HIV, AIDS, deteksi PTM hypertensi, Stroke, DM, GERMAS dan perkuat ketahanan sistem kesehatan, farmasi alkes dan obat-obatan" ujar Supriono di Hotel Novotel Palembang, Kamis (7/12/2023).

Ditambahkan Sekda, Pertemuan ini hendaknya menghasilkan persamaan persepsi, tentukan target, bisnis proses, time line dan lokusnya serta teknis di lapangan dan permasalahannya. Hingga dapat memberikan manfaat yang besar, hingga mendapatkan data capaian indikator program prioritas.

Terkait inovasi,  Dinas Kesehatan memiliki Rumah Inovasi Kesehatan (Rumah Intan) sebagai wadah menyampaikan inovasi pelayanan publik bidang kesehatan yang ditahun 2023 ini telah melahirkan berbagai inovasi.  Untuk tingkat Provinsi dari puluhan inovasi, dengan melalui beberapa tahapan dan dinilai oleh Tim Panelis, telah tersaring sebanyak 9 Inovasi.

"Selamat kepada pemenang Top 9 Inivasi bidang kesehatan. Diharapkan tidak berhenti di tingkat Provinsi Sumatera Selatan saja, namun juga sampai ke tingkat nasional" ujar Supriono.

Ke 9 Top Inovasi tersebuut dengan judul Inovasi Beras Malaria (Muara Enim ), TB Paru  "Jaka Teman Ginting (Muara Enim) , E-Surat ( OKI), Pekan Cinta Vantastis (Kota Palembang), Graha Queen ( Kota Palembang) , Seminung (OKUS) , Petik Semangko (Kota Palembang) , Siap Jakor (Musi Rawas) dan Tiktokinaja (Kota Palembang)

Turut hadir Para Kepala OPD Prov Sumsel.