Sekda Sumsel Buka FGD Evaluasi RPJPD 2005-2025 dan Penyusunan RPD 2024-2026

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Pemprov Sumsel memulai proses evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025 dan penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) untuk 2024-2026 seperti yang dimandatkan dalam Permendagri No 86 Tahun 2017 dimulai dengan pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD).

Sekda Provinsi Sumsel Ir. S.A Supriono saat membuka FGD di Aryaduta, Senin (7/11/2022). Dia mengatakan RPJPD Sumatera Selatan memiliki visi Sumsel Unggul dan Terdepan.

“Tahun 2024 merupakan tahun transisi yang harus disikapi dengan penyusunan RPD bagi daerah dengan berakhirnya masa jabatan kepala daerah pada tahun 2023, dengan tujuan menjadi jembatan untuk penyusunan dokumen rencana kerja pemerintah daerah, di mana dokumen tersebut akan dipergunakan sebagai pedoman  penyusunan APBD,” imbuh Supriono.

Untuk itu, lanjut Supriono, penting bagi perangkat daerah melakukan pemetaan terhadap semua permasalahan dan potensi yang ada supaya bisa menggambarkan peran optimal perangkat daerah untuk menunjang keberhasilan pencapaian tujuan provinsi dan dalam penyusunan rencana strategis daerah.

Narasumber berasal dari Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, BPS Sumatera Selatan, Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan serta Universitas Sriwijaya.

Sementara itu, Plt Kepala BAPPEDA Provinsi Sumsel Regina Ariyanti, ST menyampaikan RPJPD periode 2025-2045 perlu disusun dengan lebih baik dengan visi dan misi yang baik, serta dapat diturunkan menjadi beberapa agenda dengan sasaran pokok yang dilengkapi dengan indikator yang jelas dan terukur.

“Bersifat partisipatif, melibatkan peran aktif banyak pihak atau multistakeholder, rencana pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukung lahan dan lingkungan,” kata Regina.

Kegiatan evaluasi yang akan berlangsung hingga Selasa (8/11) ini turut didukung oleh World Agroforestry (ICRAF) Indonesia melalui proyek penelitian aksi Sustainable Landscape for Climate Resilient-Livelihoods (Land4Lives) yang memberikan pendampingan teknis terkait daya dukung lingkungan terhadap rencana pembangunan daerah Sumatera Selatan.

Turut hadir Para Kepala OPD Prov Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.