Provinsi Sumsel Terima Penghargaan Terbaik IGA 2023, Terbaik Regional 1 dan Nilai Tertinggi Se-Sumatera

Foto

Jakarta, sumselprov.go.id- Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni menerima 2 (dua) penghargaan sekaligus dalam Acara Penganugerahan IGA  Tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).  Penghargaan diserahkan  langsung oleh  Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja, Selasa (12/12/2023).

Dua penghargaan tersebut adalah Juara Pertama Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 dengan Predikat Pemerintah Provinsi Terinovatif  dan kategori Skor Tertinggi Regional I (Pulau Sumatera).

Penghargaan IGA 2023 yang diperoleh Provinsi Sumsel setelah melewati 4 tahapan penilaian. Pertama, tahap penjaringan inovasi, Tahap pengukuran yang dilakukan melalui proses validasi serta analisis variabel dan indikator Indeks Inovasi Daerah (IID) terhadap dokumen yang dilaporkan. Kemudian tahap peninjauan lapangan untuk memastikan inovasi unggulan yang dipaparkan oleh kepala daerah benar-benar diterapkan.

Menurut Fatoni, Provinsi Sumatera Selatan di Tahun 2023 mengajukan 214 inovasi, 2 (dua) diantaranya merupakan inovasi unggulan Digital dan Non Digital.

"Untuk Inovasi Digital  yaitu Sumsel Tanggap dari Dinas Kesehatan, dan Inovasi Non Digital Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) ” kata Fatoni

Terkait 2 (dua) penghargaan yang diraih tersebut Fatoni menambahkan,  pembinaan dan sosialisasi terus dilakukan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unit kerja terkait termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melakukan inovasi. Setelah inovasi dilakukan, Fatoni mendorong para OPD untuk terus mengupdate dan mengupgrade inovasi tersebut.

Turut hadir Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Kepala Balitbangda Sumsel Dr.Drs H. Alamsyah.,M.Pd, Kadis Ketahanan pangan dan peternakan Ruzuan Efendi, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel dr. H. Trisnawarman, M.Kes.