Pj Gubernur Sumsel Komitmen Dorong Percepatan Pembangunan Tol Kapal Betung

Foto

Palembang. Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi memimpin Rapat percepatan penyelesaian pembangunan jalan tol ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) dan Ruas Betung-Tempino-Jambi.

Ditemui usai Rapat, Elen ungkapkan rapat ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut kunjungan kerjanya beberapa waktu lalu ke Tol Kapal Betung. Rapat membahas tentang tindaklanjut penyelesaian permasalahan pembangunan Tol Kapal Betung khususnya di ruas jalan Gandus sampai dengan Musi Landas dan juga terkait pembangunan jembatan Musi V.

"Masalah lahan sudah ada proses follow up nya terutama Gandus s.d. Musi Landas. Pada IC Musi Landas secara regulasi tidak ada persoalan sehingga HK bisa melanjutkan pengerjaan yang sudah dilakukan Waskita sebelumnya," Ungkapnya.

Elen menjelaskan walaupun jika nanti  terdapat persoalan hukum maka dapat diselesaikan sesuai aturan perundang-undangan terutama Undang-Undang pengadaan tanah jika sudah ada proses pembayaran. Kalaupun ada persoalan hukum silahkan dilanjutkan saja karena tidak menghambat untuk proses konstruksi, jadi ini kita dorong.

"Kalaupun nanti dilapangan membutuhkan  pengawalan dari aparat penegak hukum kita akan minta pengawalan dari para penegak hukum artinya sengketa lahan yang ada pun itu tidak mengganggu untuk pembangunan konstruksi sesuai dengan aturan Undang-Undang, "ujarnya.

Sedangkan usulan baru untuk IC Gandus dan IC Pulau Rimau itu masih dilakukan kajian oleh PUPR, Ditjen Bina Marga dan Kepala Balai untuk segera diproses dan mempercepatnya sehingga apabila dibutuhkan untuk tambahan lahan atau penlok dan lain-lain kita akan segera proses, tambahnya.

"Kemudian untuk progres Musi Landas sampai ke Betung ini juga sebenarnya tidak ada persoalan juga kalaupun ada hanya berkaitan IC di Sungai Rimau  dan IC Pangkalan Balai itu juga sudah disepakati dan sudah ada kesepakatan dengan pertagas karena itu berkaitan dengan wilayahnya bersama HK secara teknisnya, "jelasnya.

Elen katakan pihaknya mendorong percepatan penyelesaian tol Kapal Betung dengan mengutamakan ruas jalan dari Gandus hingga ke Betung untuk mengurangi titik-titik kemacetan dan kepadatan yang selalu terjadi di jalan Palembang-Betung.

Sedangkan untuk jembatan Musi V, Elen ungkapkan belum dapat dipercepat namun tetap diupayakan percepatan pengerjaannya. Oleh karena itu, KSOP juga memberi dukungan agar kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi tidak menggangu proses konstruksi Jembatan Musi V.

"Hari ini teman-teman dilapangan tetap melakukan pengerjaan kita akan tetap memberikan dukungan di lapangan berupa dukungan penlok atau lainnya yang menjadi wewenang Pemprov, " Pungkasnya.