Pj Gubernur Sumsel Dorong Pengembangan Potensi Pertanian dan Perkebunan di Sumsel

Foto

Palembang. Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Elen Setiadi menerima Deputi Bidang Pangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dida Gardera di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Selasa, (8/10/2024).

Pj Gubernur Sumsel menyambut dan mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Deputi Bidang Pangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dida Gardera dalam pengembangan pertanian, perkebunan dan pangan di Sumsel.

"Potensi perkebunan Sumsel besar sekali, di Sumsel juga ada Pusri yang mendukung pengembangan perkebunan dan pertanian di Sumsel. Hal ini dibuktikan dengan Sumsel sebagai produksi gabah terbesar kedua setelah Jawa sehingga potensi kita besar sekali, " Ujarnya.

Kita juga tengah mengusulkan pengembangan lahan sawah rawa di Sumsel. Hal ini telah masuk PSN, Permenko, dan telah disetujui oleh Presiden. Hal ini penting dalam mengembangkan industri pertanian.

"Selain itu, potensi produksi karet dan kopi Sumsel juga menjadi salah satu terbesar di Indonesia. Ini bisa dikembangkan dengan menyiapkan potensi model bisnisnya mulai dari tanam pupuk dan off takernya. Saya minta dukungan untuk ini, " Katanya.

Hal ini potensi besar sekali kalau diolah dengan baik. Pertanian dan perkebunan perlu didukung pendistribusian pupuk yang baik. Elen katakan pihaknya juga berencana untuk menerapkan berbagai saran dari berbagai pihak dalam implementasinya.

"Terima kasih atas dukungan terhadap Sumsel. Sumsel punya potensi luar biasa. Kalau kita tidak bisa menjaga dan mengembangkan sayang sekali terutama dukungan pupuk penting karena karakter tanah cukup berbeda, " Tandasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dida Gardera menjelaskan terkait kunjungan kerjanya ke Sumsel untuk membahas  berbagai pengembangan potensi di Sumsel. Selain itu, ia juga akan mendukung pengembangan pertanian, perkebunan dan pangan di Sumsel.

Turut hadir Para Kepala OPD Sumsel.