Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Panen Raya Cabai di Kabupaten Ogan Ilir

Foto

Ogan Ilir, sumselprov.go.id- Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melakukan panen raya cabai berlokasi di desa Arisan Jaya kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (20/12/2023).  

Panen raya cabai tersebut dilakukan pada lahan kelompok tani Tunggul Ametung dengan luasan panen seluas 3 hektar  dari total luas hamparan seluas 100 Hektar. 

Dalam kesempatan itu, Fatoni mengaku, panen raya capai digelar untuk memastikan ketersediaan stok komoditas cabai menjelang momen hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Panen Raya Cabai digelar di Desa Arisan Jaya Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir pada Lahan Kelompok Tani Tanggul Ametung dengan luasan panen seluas 3 Ha dari total luas hamparan seluas 100 Ha.

Tujuannya untuk memastikan ketersediaan komoditi Cabai pada moment hari Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 sehingga tidak menimbulkan panic buying atau belanja berlebihan pada masyarakat.

Varietas Cabai yang dipanen Varietas Lado dan Varietas Akar dengan rata-rata satu kali panen sebanyak 300 kg/ha dan merupakan panen Ke-13.

Dengan luasan budidaya 100 Ha dan Produksi 300 Kg/ha, dengan panen dalam satu musim tanam dengan rata-rata 15 kali. Maka, produksi yang dihaslikan 450.000 kg per musim tanam. Besaran produksi tersebut cukup berpotensi untuk menekan laju inflasi yang disebabkan oleh komoditi cabai.

Sentra produksi sayuran sebagian di Kabupaten Ogan Ilir, Muara Enim dan Ogan Komering Ilir. Sentra ini sudah disiapkan beberapa tahun terakhir termasuk bulan lalu Pemprov Sumsel melalui Dinas Pertanian TPH memberikan bantuan dari APBD 1 seluas 5 ha dan APBN seluas 20 ha.

Pada gelaran  ini juga, diberikan bantuan 1 unit Kultivator, 1 unit pompa air 3 in dan 1 unit pompa air 6 in. Lalu akan diusahakan diberikan alsintan pertanian lainnya untuk budidaya tanaman cabai. Dalam upaya menekan laju inflasi di Sumsel maka Pemprov Sumsel melalui Dinas Pertanian TPH Sumsel menyiapkan 120.000 polybag untuk diberikan ke masyarakat.