Peringati Hari Ibu, Fatoni : Perempuan Berdaya, Sehat, dan Cerdas

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni didampingi Pj Ketua TP PKK Sumsel, Tyas Fatoni menghadiri Peringatan Hari Ibu ke- 95 Tahun 2023 "Perempuan Berdaya, Perempuan Peduli Untuk Generasi Cerdas Bebas Stunting" bertempat di Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (14/12/2023).

Hadir dalam kegiatan ini, Inspektur Utama BKKBN Indonesia, Ari Dwikora Tono, Ak, M. Ec., Ketua DWP Sumsel Karwana Suprioni, Forkopimda Sumsel, dan Para Kepala OPD Sumsel.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni katakan peringatan hari ibu merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa.

"Tema peringatan hari ibu ini, mengandung makna bahwa sesungguhnya perempuan harus berdaya berkemampuan dan berkapasitas agar dapat memberdayakan keluarga sehingga dapat menjadi  motivasi bagi lingkungannya," ujarnya.

Perempuan yang peduli itu penting agar program pemerintah terlaksana dan berjalan dengan baik, tambah Fatoni. Karena perempuan mendukung suami bekerja dan mendukung mencerdaskan generasi muda serta mewujudkan berbagai program prioritas pembangunan di Sumsel.

"Isu stunting menjadi salah satu program prioritas yang perlu ditangani. Ini tugas kita bersama dan peran perempuan Indonesia dalam penting dalam mencegah stunting di lingkungan keluarga, kerja dan masyarakat," katanya.

Perempuan adalah sentral dalam keluarga baik sebagai istri ibu dan bagian lingkungan keluarganya. Peran perempuan sebagai ibu juga bisa dimulai sejak remaja dengan cara meningkatkan pengetahuan untuk persiapan diri sebelum menikah, hingga hamil dan kemudian menjadi ibu.

Dengan begitu stunting akan mampu dicegah dengan baik melalui pola hidup sehat untuk ibu dan  memberikan asupan gizi pada 1000 hari pertama pertumbuhan.

"Dalam kesempatan ini, juga diberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan stakeholder masyarakat yang berkontribusi dalam pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Fatoni berharap para perempuan tidak melupakan sejarah perjuangan perempuan Indonesia dari generasi ke generasi dalan mewujudkan kesejahteraan bagi para perempuan, keluarga dan anak-anak.

Diharapkan para pemangku kepentingan terus mendukung 5 program prioritas dalam pemberdayaan perempuan dan anak dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Kadis PPPA Sumsel, Henny Yulianti, melaporkan DPPPA telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan hari ibu yaitu pelaksanaan sosialisasi peningkatan kapasitas perempuan di bidang politik yang bertujuan mendorong perempuan dalam proses pengambilan keputusan dan kepemimpinan.

Kemudian dilaksanakan Workshop yang mempromosikan kesetraaan gender dan anti diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan. Penyaluran bantuan ekonomi produktif kepada kab/kota se-Sumsel serta pelatihan keterampilan hidup.

Juga ada Program pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak melalui sosialisasi dan advoksi kab/kota se-Sumselm serta forum keluarga spesial dalam rangka peringatan hari disabilitas nasional.

Kegiatan ini diiikuti oleh 400 peserta yang berasal dari organisasi perempuan se-Sumsel, mahasiswi dan pelajar dan diadakan workshop perempuan berdaya perempuan peduli. Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan stand-stand UMKM di Sumsel.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatomi juga memberikan Penghargaan kepasa 17 perempuan inspiratif yang merupakan kepala desa /lurah di Sumsel.