Pemprov Sumsel Dukung Implementasi ASO di WLS Sumsel-1

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel H. Herman Deru diwakili Kadis Kominfo Sumsel H. Achmad Rizwan, SSTP MM saat menghadiri Seremonial dan Bimbingan Teknis pendistribusian bantuan STB dari Pemerintah di Wilayah Layanan Siaran (WLS) Sumsel-1 dalam rangka ASO (Analog Switch Off) dimana penghentian siaran TV analog yang sepenuhnya dialihkan ke siaran TV digital.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Pitalebar Kementerian Kominfo di Hotel Novotel Palembang, Kamis (16/3/2023).

Rizwan katakan pendistribusian Set Top Box (STB) TV digital telah dilakukan di WLS Sumsel-1 yaitu Palembang, Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir. Berdasarkan data per hari pendistribusian STB telah mencapai 73 persen berdasarkan data dari Kementerian Kominfo dan penyelenggara.

"Insya Allah bila persentasi telah mencapai target maka Analog Switch-Off (ASO) akan dilaksanakan pada 20 maret 2023 untuk WLS Sumsel-1. Untuk itu, hari ini akan dilakukan bimtek sekaligus pengawalan pendistribusian STB sisanya," ujarnya.

Pemprov Sumsel berkomitmen untuk mengawal hal ini agar dapat terlaksana dengan baik dan mendukung pendistribusian STB dari 73 persen hingga mencapai 90 persen.

Direktur Pita Lebar Marvels P. Situmorang, katakan agar segera memenuhi target, mekanisme distribusi STB akan dilakukan melalui dua mekanisme, yaitu secara door to door  atau secara langsung ke rumah wargauntuk bantuan yang berasal dari pemerintah.

Dan mekanisme kedua yaitu distribusi STB dari penyelenggara MUX menggunakan mekanisme pooling yaitu artinya masyarakat penerima bantuan STB akan diundang berkumpul ke satu titik dan STB akan diberikan mengikuti data P3KE.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan Pemprov Sumsel dan semua pihak terkait baik dalam pendistribusian STB dan menyongsong ASO," ujarnya.

Turut hadir Stafsus Menkominfo RI, Dr Rosarita Niken Widiastuti, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Kominfotur, Marsma TNI A.J. Takarianto, Asdep Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi dan Aparatur Kemenpolhukam RI Novan Ivanhoe Saleh, Direktur Penyiaran, Ditjen PPI Kemenkominfo,  Geryantika Kurnia dan Ketua KPID Sumsel Herfriady.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.