Literasi Digital, Ciptakan Konten Kreator yang Kreatif dan Kompetitif

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Melalui Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan Laksanakan Pelatihan Literasi Digital Provinsi Sumatera Selatan dengan tema "Kreatif dan Kompetitif di Era Digital" yang dibuka oleh Sekda Prov. Sumsel, Ir. S.A Supriyono di Emilia Hotel Palembang, Selasa (11/10/2022).

Pada sambutannya Ia menyampaikan bahwa revolusi digital terjadi pada tahun 1999 ke tahun 2000 hingga saat ini, yang telah memberikan banyak dampak dan perubahan pada kehidupan masyarakat. "Salah satu dampak positif kemajuan teknologi yang kita rasakan saat ini ialah orang tidak begitu banyak lagi yang belajar secara analog (tatap muka) melainkan secara daring (online)", tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa Literasi Digital harus diisi dengan materi yang baik dan membatasi hal negatif yang dapat salah ditafsirkan oleh masyarakat.

"Saya harap konten kreator dapat membuat dan menggali apa yang kita punya dan yang kita miliki, seperti daerah yang memiliki deposit minyak atau batu bara yang dimiliki Sumsel. Dan informasi seperti ini harus diungkap kepada masyarakat secara digital. Selain itu kami juga berharap para konten kreator dapat mempromosikan destinasti wisata yang dimiliki Sumsel", ucapnya.

Selain itu Ia juga meminta para youtuber dan konten kreator untuk dapat menyalurkan kreatifitasnya dalam mensosialisasikan program Gubernur Sumsel, H. Herman Deru dalam menekan inflasi daerah dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) agar masyarakat dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan sehari - hari.

Terkait dengan Literasi Digital yang dilaksankan, ia berharap semoga dengan pelatihan tersebur dapat melahirkan lebih banyak lagi Youtuber dan Konten Kreator asal Sumatera Selatan yang sukses diberbagai bidang.

Sementara itu Kadis Kominfo Prov. Sumsel, H. Achmad Rizwan, S.STP, MM melaporkan bahwa tujuan dilaksanakannya Literasi Digital ialah memberikan pemahaman kepada peserta dalam menguasai keterampilan dasar pembuatan konten. Mengetahui teknik pengambilan gambar, video, lighting yang tepat, Memberikan pemahaman kepada peserta agar mengetahui etika penyiaran agar tidak bersinggungan dengan hukum dan Meningkatkan pegetahuan SDM dalam hal cara membuat sebuah produk teknologi yang tepat guna serta Memberikan pengetahuan kepada peserta untuk menjadi motor penggerak perekonomian dengan menciptakan lapangan-lapangan kerja baru.

Dikesempatan yang sama Duta Literasi Sumsel, Ratu Tenny Leriva, S.Ked, secara virtual menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan literasi digital sangat baik untuk diikuti yang akan memberikan literasi kepada mahasiswa agar dapat memanfatkan teknologi digital untuk menjadi sosok yang kreatif dan bisa berkompetisi di dunia pekerjaan serta dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat menyebarkan materi positif sekaligus menangkal penyebaran materi negatif di dunia maya.

"Kegiatan ini juga dilakukan agar pemuda lebih terarah dalam menggunakan perkembangan teknologi dan dapat menggunakan teknologi secara bijak dan dimanfaatkan secara efesien untuk kepentingan bisnis, dan kebutuhan lain. Selain itu literasi digital ini juga sangat penting untuk dilakukan guna memberikan pemahaman terhadap generasi milenial untuk dapat memfilter berita yang benar dan hoax", tuturnya.

Turut hadir Ka. Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Hj. Fitriana, S.Sos, M.Si.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.