HD: Tingkatkan Etos Kerja Tenaga PPEP Untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Foto

Palembang, sumselprov.go.id-Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Penyuluh
Pertanian bertempat di Ruang Rapat Dinas
Pertanian, Tanaman Pangan & Hortikultura, Jumat (9/12/2022).

"Sumsel punya lahan yang sama serta pemupukan sama dengan Pulau Jawa. Maka persoalannya adalah etos kerja dan untuk itulah saya angkat Tenaga Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (PPEP)" ujar Gubernur Herman Deru (HD).

HD utarakan kita harus fokus serta orientasi pada produktivitas goal hanya satu produktivitas, untuk itu  kita harus butuh   menguasai karakteristik dan habitat manusia dari semua background.

" Pengangkatan PPEP adalah merupakan ide original Saya dengan harapan PPEP dapat  berperan aktif guna merubah mindset, harus kita samakan frekwensi dengan stakeholder yaitu goal produktivitas" ungkap HD.

Lanjut HD, Kita bicara dengan data realistis dan tidak pernah sejarah satu dekade turun angka kemiskinan  drastis, ini semua peran PPEP dan diluncurkan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). Sasaran pertama dari program ini adalah mengubah cara berpikir masyarakat dari "konsumtif" menjadi "produktif" terutama terkait produk-produk pertanian.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel, Dr. Ir. H. R. Bambang Pramono, M.Si, utarakan strategi sektor pertanian dalam upaya penurunan angka kemiskinan yaitu peningkatan produksi dan produktivitas komoditi holtikultura melalui program dan kegiatan serta gerakan Sumsel mandiri Pangan (GSMP).

Pada kesempatan itu HD menyerahkan Bantuan Benih Padi sebanyak  93 Ton.  Kendaraan Roda 3 untuk sarana pemasaran pasar tani sebanyak 10 unit  serta Pembagian Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan. Juga Penyerahan Penghargaan PPEP Teladan.

Turut hadir Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Sumbagsel Eko Purnomo, Peneliti Utama DR. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes (secara virtual), secara online 300 koordinator penyuluh dan ketua forum PPEP Kab/Kota dan sebayak 1300 PPEP secara virtual, Para Kapala OPD Prov. Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel.