HD Terima Jajaran Direksi PT Pertamina Trans Kontinental

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumsel H. Herman Deru menerima PT.  Pertamina Trans Kontinental beserta jajaran anak Perusahaannya dalam rangka audiensi terkait Rencana Pembangunan dan Pengembangan Pelabuhan New Palembang di Tanjung Carat Provinsi Sumsel.

Dari pertemuan di Griya Agung Palembang, Jumat (10/3/2023) ini, HD ungkapkan bahwa PT Pertamina Internasional Shipping bersama anak perusahaannya berminat untuk bekerjasama dalam pembangunan Pelabuhan Palembang New Port.

"Selaras dengan progres yang sedang berjalan kita juga butuh market. Karena Pelabuhan itu harus ada pengguna jasanya dan penguna jasa utamanya Pertamina dengan berbagai kebutuhannya," ujarnya.

Menurut HD, mereka berminat untuk berinvestasi, dan pihak mereka telah handal dalam mengelola 104 pelabuhan. Sehingga jika hal ini berjalan sesuai rencana,  maka setelah realisasi pembangunan selesai langsung ada penggunanya. Jadi bukan hanya mengalihkan Pelabuhan Boom Baru, tetapi juga termasuk pengoperasian bersama Pertamina.

"Kita sebenarnya hanya menunggu AMDAL. Karena ada lingkungan yang  harus kita jaga. Dan mengenai ground breaking ini menjadi kewenangan kemenhub untuk menentukan," katanya.

Sementara itu, Dirut PT Pertamina Internasional Shipping, Yoki Firnandi  ungkapkan pihaknya siap mendukung pembangunan Palembang New Port. Namun diungkapnya pihaknya akan melakukan study lapangan dan eveluasi untuk kemudian ditindaklanjuti melalui proposal kerjasama baik ke Kemenhub ataupun Pemprov Sumsel.

"Dari segi bisnis, kami menilai pelabuhan ini memiliki potensi yang baik kedepannya. Dan tentu akan mempermudah perekonomian daerah yang meliputi kemudahan transportasi komoditas di Sumsel dan bahkan transportasi produk pertamina," katanya.

Turut hadir Para Kepala OPD Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.