HD: Siapkan Generasi Berkualitas dan Cegah Stunting Dengan Memantau Tumbuh Kembang Bayi/Balita Sedini Mungkin

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumsel, H. Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Sumsel, Hj Feby Herman Deru menyerahkan penghargaan pemenang Lomba Balita Indonesia Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 dan melaunching "Gerakan Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita" secara serentak Tingkat Provinsi Sumsel tahun 2023.

HD mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini sebagai salah satu cara mengingatkan orang tua se-Sumsel yang mempunyai anak bayi/balita agar memantau tumbuh kembang anaknya.

"Alasan kita perlu menimbang berat badan dan tinggi badan adalah sebagai langkah deteksi awal stunting terhadap anak-anak dibawah 2 tahun atau usia 1000 hari pertama pertumbuhannya," ujarnya di Atrium Palembang Indah Mall, Kamis (13/7/2023).

Menurut HD, sebagai orang tua juga perlu menjaga asupan gizi anaknya. Baru diikuti dengan pendidikan yang baik. Peran para ibu sangat penting disini. Ia mengajak orang tua memerangi stunting. Meskipun Sumsel telah menjadi Provinsi terbaik dalam penurunan stunting, namun upaya-upaya yang harus terus diakselerasi agar menjadi lebih baik lagi.

"Kita persiapan generasi penerus dengan kualitas dan kuantitas yang baik. Ayo kita bangun tanggung jawab ini bersama antara orang tua bersama Pemerintah," katanya.

Kadinkes Sumsel, dr. Trisnawarman ungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi/balita setiap bulan utamanya di posyandu se-Sumsel. Juga meningkatkan komitmen bersama dalam membina pelayanan posyandu lintas sektor.

"Kegiatan ini untuk memberikan apresiasi kepada orang tua bayi/balita yang telah melakukan pemantauan dan tumbuh kembang bayi/balita secara dini. Dan memberikan penghargaan  kepada bayi/balita sehat tingkat kab/kota se-Sumsel," ujarnya.

Penilaian lomba ini telah dilakukan pada 12 Juli 2023 di Hotel Swarna Dwipa. Penilaian terdiri dari tumbuh kembang yaitu pengukuran tinggi badan, pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan oleh Dokter spesialis dan juga pemeriksaan psikologi anak. Peserta lomba berasal dari pemenang lomba tingkat kab/kota yang berasal dari berbagai kelompok umur.

Dalam kesempatan itu, HD juga meresmikan Gerakan penimbangan bayi secara serentak di posyandu se-Sumsel yang diikuti posyandu kab/kota Se-Sumsel secara daring. Selain itu, HD juga meninjau stand pelayanan posyandu.

Turut hadir Para Kepala OPD Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.