HD Resmikan Renovasi Monpera Tanjung Sakti

Foto

Lahat, sumselprov.go.id- Selain meresmikan Renovasi Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Tanjung Sakti yang terletak di Desa Batu Rancing Kec. Tanjung Sakti Pumu Kab. Lahat, Sabtu (17/12/2022). Gubernur Sumsel H Herman Deru juga bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar sekaligus meninjau lokasi sekolah SMAN 1 Tanjung Pumu yang tanahnya mulai longsor.

Melalui sambutannya HD menginstruksikan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumsel terkait dengan tanah sekolah yang terbis untuk segera ditangani agar tidak menjadi kerugian yang lebih besar.

"Kita mengingatkan semua, terkait tugu tersebut yang mulai dilupakan. Kita bisa seperti ini, bisa menikmati alam dengan segala fasilitasnya ini dikarenakan ada yang memperjuangkan sebelumnya. Jadi kita juga harus ikut andil dalam berkontribusi dalam membangun bangsa ini", tutur HD.

Dilanjutkannya bahwa Keakraban yang dimiliki masyarakat menjadikan tanjung sakti sebagai panutan perjuangan bukan sekedar melawan Belanda di agresi ke duanya. Melainkan juga menjadi contoh untuk ditiru dalam semangat yang kuat.

"Kunjungan ini untuk mengingat kembali apa yang telah dibuat oleh leluhur kita pada saat itu. Tanjung sakti merupakan kecamatan istimewa di Sumsel. Pejabat Provinsi harus memiliki perhatian terhadap daerah tanjung sakti pumu karena merupakan kebanggaan kita pada jaman dahulu tanjung sakti pumu menjadi daerah yang pernah menjadi tempat pusat pemerintahan", ungkap HD.

Terkait dengan program GSMP, HD mengintruksikan kepala desa dan camat yang hadir untuk memanfaatkan program tersebut dengan berkomunikasi dengan Dinas Pertanian, agar GSMP dapat berjalan dan membantu perekonomian masyarakat.

HD juga meminta masyarakat tanjung sakti pumu untuk tidak meninggalkan adat istiadat yang ada, ia berharap untuk terus dilestarikan karena kita dikenal dengan nilai ramah - tamah dan sportifitas.

Turut hadir Pangdam II Sriwijaya, Mayjen. TNI. Hilman Hadi, Wakil Bupati Lahat, Haryanto, Walikota Palembang, H. Harnojoyo, Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni, Anggota DPRD Sumsel sekaligus Tokoh Masyarakat Tanjung Sakti, Budiarto Marsul.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.