HD: REGSOSEK 2022, Momentum Pendataan Ulang, Evaluasi Angka Kemiskinan Sumsel

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Sumatera Selatan menjadi Provinsi pertama yang mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) di Indonesia tepatnya di Hotel Novotel Palembang, Senin (12/9/2022).

Gubernur Sumsel H Herman Deru ungkapkan hal ini menjadi bukti komitmen Pemprov Sumsel untuk mendukung upaya perbaikan pendataan Sosial Ekonomi di Sumsel, yang kemudian akan diimplementasikan dengan gerakan nyata.

HD ungkapkan REGSOSEK akan mendeteksi data dengan cara paling akurat yaitu dengan sensus. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaanya dibutuhkan informasi faktual dari masyarakat bersangkutan. Dengan data yang akurat, dapat dilakukan evaluasi mengenai masalah kemiskinan yang ada.

"Ayo jadikan ini momentum kita untuk berbenah, jangan lagi kab/kota yang memiliki APBD besar namun memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi hanya karena kesalahan data. Ini momentum emas menurunkan angka kemiskinan di Sumsel, " ujar HD.

HD meminta Para Wakil Bupati/Walikota sebagai ketua tim percepatan penanggulangan kemiskinan daerah untuk mengawal prosesnya dilapangan sehingga tercipta akurasi data dan kemanfaatannya pada program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di Sumsel.  Termasuk pemeriksaan ulang akurasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

Kepala BPS Sumsel, Dr. Ir. Zulkipli, M.Si., REGSOSEK Tahun 2022 akan dilaksanakan 15 Oktober-14 November 2022. Diikuti oleh 315 peserta dari Sumsel. Di Sumsel REGSOSEK akan menjadi basis data program desa cantik yang sedang berjalan. Selain itu, akan dilaksanakan rakor lanjutan tingkat kab/kota 19-22 September 2022.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS RI, M. Habibullah, ungkapkan sesuai arahan Presiden RI, reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data REGSOSEK serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Harapan kedepan Indonesia akan memiliki satu data REGSOSEK yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan kesejahteraan Indonesia.

Turut hadir Wakil Bupati Walikota se-Sumsel dan Para Kepala OPD Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.