HD Minta Festival Rempah Diadakan di Kab/Kota

Foto

Palembang, sumselprov.go.id - Gubernur Sumsel H. Herman Deru membuka dan mengapresiasi Festival Rempah Sumatera Selatan yang telah dilaksanakan keempat kalinya di Sumsel bertempat di Halaman Parkir PTC Palembang, Jumat, (25/8/2023)

HD minta selanjutnya Festival Rempah dilaksanakan di Kab/Kota Se-Sumsel secara bergantian di tingkat Provinsi yang ditujukan untuk membantu kepariwisataan di setiap ibukota kab/kota.

"Ini sudah menjadi standar bahwa festival rempah ini satu-satunya di Indonesia. Saya Apresiasi langkah konkrit ini. Terutama dengan launching Malbi dalam kemasan dan buku panduan menu asli Sumsel berbahan rempah khas Sumsel," katanya.

Menurutnya, adanya buku akan memberikan pengetahuan tentang makanan, dan makanan kemasan kaleng bisa dibawa ke tempat lain sehingga makanan khas Sumsel dapat lebih dikenal secara luas. 

"Saya minta PKK terus berkarya memotivasi PKK Kab/kota hingga tingkat desa agar berkreasi sehingga roda perekonomian Sumsel tidak hanya tergantung dalam satu jalur bisnis saja," pungkasnya.

Ketua TP PKK Sumsel, Hj. Feby Herman Deru berharap kegiatan ini bertujuan untuk menggali informasi masakan dan minuman yang menggunakan aneka jenis rempah sekaligus mengedukasi pengunjung tentang manfaat keanekaragaman hasil rempah tersebut. 

Festival Rempah juga menghadirkan Pameran/bazar festival rempah seluruh kab/kota se-Sumsel, Pesta Kopi (Pesta Kawe) , Stand Flora dan Fauna, Jajanan Kekinian ICSB, Aneka Lomba-lomba, Donor Darah, dan Menampilkan Artis Ibukota Tri Suaka.

Dalam kesempatan itu, juga diLauncing buku panduan menu asli Smsel berbahan rempah khas Sumsel dan Daging olahan masakan malbi dalam kaleng kerjasama PKK dan Balitbangda Sumsel, lomba memilih rempah. Dan Pemberian bantuan Gubernur kepada para pengusaha kopi Sumsel serta penutupan Jambore Kader PKK Sumsel dan pemberian penghargaan kepada Pemenang lomba jambore PKK.

Turut hadir Ketua ICSB Sumsel, Samantha Tivani HD, Kepala BI Sumsel, Ricky Perdana Gozali, Anggota DPRD Sumsel M. Yaser, Para Ketua TP PKK Se-Sumsel, Para Organisasi Wanita se-Sumsel, dan Para Kepala OPD Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel