HD : Metode Pendidikan Harus Beriringan dengan Pembentukan Karakter dan SDM Siap Saing

Foto

Palembang, sumselprov.go.id - Bentuk Generasi Cerdas dan Berakhlak Untuk Pemimpin Masa Depan bertempat di Pondok Pesantren Modern Nurul Qomar, Kamis, (2/2/2023)

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengapresiasi penyelenggaraan Festival Generasi Islami Kreatif tahun 2023 tingkat pelajar, TK, SD, SMP, dan umum se-Sumsel yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Qomar.

Mengusung tema "Bersama Kita Bentuk Pribadi Kreatif, Berani, dan Berkarakter Islami". Menurut HD, kegiatan ini membuktikan kemandirian Ponpes Nurul Qomar dalam membentuk generasi yang berani berkompetisi, cerdas dan berakhlak. 

"Ini niat baik untuk mencerdaskan anak bangsa. Perlu kita ingat bahwa yang penting bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan tapi juga membentuk karakter. Karena banyak kita temui orang yang cerdas dan kaya raya namun tidak bermanfaat bagi sesama," ujarnya saat membuka Festival tersebut.

Oleh sebab itu, HD inginkan metode pendidikan di setiap lembaga pendidikan beriringan dengan pembentukan karakter dan SDM siap saing. Menurutnya hal tersebut dapat menjadi modal para generasi penerus memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang.

"Terima kasih telah membantu tugas pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa dan menebar kebaikan. Semoga lembaga pendidikan islam juga bersemangat untuk berkompetisi di tingkat internasional," katanya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Nurul Qomar K.H. Orbit Rupawan, tuturkan kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dan sempat terhenti karena covid-19. Dan pada tahun 2023, kegiatan ini diikuti oleh 578 peserta yang berasal dari TK, SD, SMP, dan SMA atau sederajat serta umum dengan 9 cabang lomba. Antara lain, lomba mewarnai, fashion show, adzan, Tari Kreasi Melayu, Ceramah agama, Hadroh, Baca Puisi, Tahfidz Alquran. Dilaksanakan dari tanggal 2 s.d. 4 Februari 2023.

Turut hadir Para Kepala OPD Sumsel

Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel