HD : Jaga Solidaritas PMI Optimalkan Pelayanan Ke Masyarakat

Foto

Palembang, sumselprov.ggo.id - Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri Pelantikan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lahat, Ogan Ilir, dan OKU Selatan dan membuka Musyawarah Kerja Provinsi (MUKERPROV) PMI Sumsel Tahun 2023 bertempat di Griya Agung, Senin, (7/8/2023)

HD harapkan kepengurusan PMI didukung oleh para generasi muda yang didukung oleh para senior yang lebih tua. Menurutnya, eksistensi PMI telah diakui oleh berbagai kalangan.

"Jaga solidaritas antar anggota PMI, jangan terpecah belah. Kemitraan akan terbangun jika kita melaksanakan operasional dengan managemen transparan. Perbedaan adalah sebuah kekuatan," katanya.

Lebih lanjut, HD minta kab/kota melakukan pemetaan kebutuhan darah di daerahnya. Dan jika kebutuhan tidak mencukupi kab/kota darah diharapkan menyiapkan bank darah di daerahnya.

"Kab/kota juga harus punya planning markas sebagai episentrum dalam setiap langkah pelayanan dan operasionalnya," ujarnya.

Ketua PMI Sumsel, Hj. Feby Herman Deru harapkan PMI Kabupaten yang dilantik berharap dapat berperan aktif dalam bantuan kesehatan kemanusiaan dan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik. 

Diungkapkan MUKERPROV akan membahas rencana program kerja yang menyampaikan laporan dan evaluasi kegiatan yang dilakukan pada 2022 dan 2023. Disamping itu, untuk mensosialisasikan hasil Mukernas PMI pusat tentang transformasi dan digitalisasi organisasi terkini secara nasional kepada seluruh pengurus PMI Kab/Kita Sumsel. 

"MUKERPROV  juga sebagai wadah silaturahmi pengurus untuk saling mengenal satu sama lainnya agar tercipta keterpaduan pengurus Prov dan  para relawan," ujarnya.

Feby mengucapkan terima kasih atas dukungan Gubernur HD pada eksistensi PMI di Sumsel dan telah memberikan fasilitas tempat yang dijadikan sebagai pusat pelayanan terpadu PMI Sumsel. 

"Tempat ini juga digunakan sebagai siaga relawan untuk bergerak cepat membantu masyarakat yang membutuhkan. Saya mengajak ketua dan relawan PMI hadir melayani masyarakat terdampak bencana," katanya.

MUKERPOROV diikuti oleh 51 orang peserta yang berasal dari utusan 17 PMI kab/kota. Sedangkam pelantikan dihadiri olrh 100 orang yang terdiri atas ketua dan jajaran kehormatan.  Tujuan kegiatan ini yaitu mengevaluasi kinerja PMI dari tahun 2022-2023 dan melakukan sinkronisasi kerja untuk tahun 2024 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Pelantikan dilakukan oleh Ketua TP PKK Sumsel, Hj. Feby Herman Deru, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pelantikan oleh para Ketua PMI 5 kabupaten yang dilantik dan penyematan pin PMI.

Feby juga menyerahkan piala dan piagam penghargaan keikutsertaan Jumpa Bakti Gembira atau Jumbara pada perwakilan PMI Sumsel yang mendapat peringkat kedua terbaik nasional di Indonesia pada perwakilan PMI di Provinsi Lampung pada tanggal 4 s.d. 8 Juli 2023.

Turut hadir Para Kepala OPD Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel