HD: Jadikan POGI dan YKI Wadah Bertukar Fikiran dan Penyebaran Kesehatan Masyarakat

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menyaksikan pelantikan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Sumatera Selatan Periode 2022-2025. Pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua Umum PP POGI di Griya Agung, Minggu (22/1/2023).

Selain itu HD juga  mengukuhkan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Palembang masa bakti 2022-2027. Setelah  mengukuhkan YKI Cabang Palembang, HD menyampaikan kedua Organisasi yang baru dilantik dan dikukuhkan hari ini merupakan  organisasi yang tumbuh dengan popularitasnya.

"Perkumpulan ini harus didasari keihklasan agar komunikasi dapat terjalin antara junior kepada senior dan sebaliknya untuk  mendapat pengalaman, informasi yang tentunya berkaitan dengan kasus. Termasuk juga masalah Literasi Hukum" ujar HD.

Dilanjutkan HD, dengan masih sangat terbatasnya SPOG di Sumsel, sekitar 241 orang dan penyebarannya kebanyakan di Kota, POGI hendaknya memberikan pelayanan ke masyarakat di pelosok dengan cara melakukan kunjungan minimal 1 minggu sekali agar dapat mengetahui keluhan dan penyampaian informasi kesehatan.

"Bisa juga dengan melakukan kerjasama dan pembinaan kepada posyandu-posyandu di desa-desa yang merupakan garda terdepan  mengenai kesehatan masyarakat. Terbukti sampai saat ini, melalui pembinaan kepada posyandu, dapat menurunkan angka stunting.  Saat ini Sumsel merupakan Provinsi dengan penurunan sunting terbanyak/ terbaik. Dari semula 24.8 % saat ini  hanya tggal 18 % " Jelas HD.

Kepada Yayasan Kanker Indonesia HD berpesan agar lebih mensosialisaikan  kepada masyarakat tentang pencegahan dan  penyebaran kanker.

"Agar masyarakat dapat mengetahui apa itu Kanker, bagaimana mencegah dan menghentikan penyebarannya, YKI juga dapat dibentuk di Kabupaten/Kota" tutup HD.

Turut hadir ketua TP-PKK Prov Sumsel Hj Feby Herman Deru, Para Kepala OPD Prov Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.