HD Harap Partisipasi Telkom Atasi Blankspot di Sumsel

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumsel H. Herman Deru menerima General Manager Witel Sumsel PT. Telkom Indonesia di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Senin (19/6/2023) dalam rangka melaksanakan sosialisasi Satu Data Indonesia oleh Tim Big Box Telkom guna membantu percepatan implementasi satu data di Provinsi Sumsel berdasarkan Perpres No. 39 Tahun 2019.

Gubernur HD mendukung hal tersebut, HD harapkan data yang sudah ada terlebih dahulu dan akurat dapat diproses terlebih dahulu. Sebagai langkah awal, HD mengarahkan agar dilakukan MoU tingkat provinsi mengundang kab/kota berkenaan pengelolaan data ini.

"Kita harus ada semangat yang dibangun dan update paling tidak untuk wilayah kita dahulu. Disamping itu, Kita harus selaraskan dahulu. Hak masyarakat untuk melakukan komunikasi dan koordinasi hingga ke desa," katanya.

HD juga berharap Telkom menyelesaikan masalah blankspot dan desa-desa. Karena komunikasi juga sudah kebutuhan. Komunikasi canggih mereduksi biaya terutama petani untuk mengetahui harga.

"Mudah-mudahan pertemuan ini menghasilkan produk layanan komunikasi dan data yang bisa digunakan oleh aparatur dengan data yang terintegrasi dan pelayanan sinyal yang merata," ujarnya.

Sementara itu, GM Telkom Witel Sumatera Selatan, Setyawan Nugroho, melaporkan perkembangan satu data Indonesia di Sumsel. Menurutnya, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Dinas terkait tentang rencana implementasi satu data kedepannya.

"Telkom memiliki unit big box yang menaungi solusi satu data di pusat dan daerah. Kami akan mencoba melakukan asistensi agar dapat dilakukan di provinsi," ujarnya.

Telkom sendiri berkomitmen membantu standarisasi data dan membantu pendampingan implementasi flatform agar data yang baik dan terintegrasi dapat terwujud.

Turut hadir Para Kepala OPD Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.