HD Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPK Prov. Sumsel

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menghadiri dan menyaksikan secara langsung serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPK Prov. Sumsel yang sebelumnya dijabat oleh Harry Purwaka yang saat ini dijabat oleh Andri Yogama. Serah terima jabatan tersebut berlangsung di Kantor Perwakilan BPK Prov. Sumsel, Selasa (6/9/2022).

Melalui kesempatan itu, HD pada sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan keuangan daerah di Provinsi dan 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan dapat berjalan dengan baik dan benar dengan mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) walau masih ada sebagian yang masih dengan catatan dikarenakan adanya peran dari BPK dalam memberikan arahan dan masukan kepada pemerintah daerah.

Selanjutnya HD mengucapkan selamat datang Kepada Ketua BPK yang baru yaitu Andri Yogama. HD juga menyampaikan bahwa dirinya dan para Bupati/Walikota beserta Para Jajaran lainnya sangat ingin menjadi penyelenggara keuangan yang akuntabel, yang diawali dengan kepatuhan terhadap regulasi - regulasi yang terus bergulir.

"Seperti penyesuaian terhadap kenaikan BBM yang sedang terjadi yang mengharuskan pemerintah untuk memberikan bantuan stimulan terhadap masyarakat yang terdampak langsung dari kenaikan harga BBM tersebut. Tentunya kami membutuhkan arahan BPK dalam melaksanakannya", tutur HD.

Menutup sambutannya HD mengatakan untuk menjadikan pemerintah daerah sebagai mitra dalam mewujudkan tujuan dalam percepatan dan pembangunan daerah, khususnya pemulihan ekonomi nasional.

Sementara iu Pimpinan VII BPK RI, Dr. Hendra Susanto mengatakan predikat WTP yang diperoleh oleh Pemprov Sumsel dan Pemerintah Daerah Kab/Kota tersebut merupakan hasil pemeriksaan yang sulit untuk dicapai.

"Kami sangat apresiasi karena Sumsel hampir semua kab/kota nya mendapatkan predikat WTP dan ini menjadi tanggung jawab dari pak andri sebagai Kepala BPK yang baru untuk menyempurnakannya, agar seluruh Kab/Kota di Sumsel mendapatkan predikat WTP secara keseluruhan", ucapnya.

Turut hadir Auditor Utama Keuangan Negara V, Dr. Dori Santosa, Wakil Ketua DPRD Prov. Sumsel, H. Giri Ramanda Kiemas, Para Bupati/Walikota, Para Ketua DPRD Kab/Kota dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.