HD Hadiri Rakor FU3SS

Foto

Palembang, sumselprov.go.id - Dalam kegiatannya menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Ukhuwah Ulama Umara' Sumatera Selatan (FU3SS), Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menyerukan beberapa usulan terkait dengan institusi tersebut salah satunya ialah untuk disegerakannya membentuk FU3SS pada tingkat Kabupaten dan Kota di Seluruh Provinsi Sumatera Selatan bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa, (20/12/2022)

"Masing - masing kita tentu punya keinginan atau goal yang sama. Yaitu ingin punya peran dalam memaslahatkan  umat yang tentunya membutuhkan pondasi. Dan FU3SS ini merupakan pondasi tersebut dan saya harap ini untuk disegerakan dilantik pada tingkat kab/kota di Sumsel", tutur HD saat memberikan sambutannya.

Menurutnya FU3SS adalah jembatan  dimana para ulamanya mengetahui tentang masalah yang berada ditengah masyarakat, karena ulama merupakan tempat pencurahan bagi masyarakat.

"Agar forum ini bisa berjalan berkesinambungan, kita harus taat terhadap AD ART yang dimiliki. Saya ingatkan terkait persoalan di lapangan dimana sering terjadi perbedaan antar satu daerah dengan daerah lainnya, kita harus memiliki kebijakan makro yang dapat mengakomodir semua permasalahan yang dimiliki", ucap HD.

Selanjutnya HD berharap Para Ulama dan Umarah dapat berkomunikasi dengan Lembaga MUI terkait permasalahan - permasalahan yang dihadapi saat ini, seperti suara adzan yang sering terjadi tidak serentak agar dapat dikeluarkan fatwanya agar masyarakat awam dapat mengerti akan fenomena tersebut.

Selain itu HD juga meminta agar Para Ulama harus memilih uniform khusus agar masyarakat dapat dengan mudah mengenalinya. "Peran besar para ulama ini untuk mengedukasi umat dan umarah itu sendiri juga. Selain itu saya juga ingin islam itu dapat dicintai oleh umat muslim dan non muslim dikarenakan oleh keindahannya. 

Turut hadir Ketua FU3-SS, Ust. Drs. H. Solihin Hasibuan, M.Pdi, Ulama Sumsel, Prof. Dr. K.H. Fahrurozi Syarkowi, Sekretaris MUI Sumsel, K.H. Said Ahmad Farid, Asisten I Bidang Pemerintahan & Kesra Drs. H. Edward Chandra, MH,       Plh. Kaban Kesbangpol , DR. H. Sunarto . S.Sos, M.Si, Karo Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Abdul Hamid, M.Si.

Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel