HD : Generasi Intelektual, Paham IT Namun Tidak Tinggalkan Adat Budaya Sumsel

Foto

OKI, sumselprov.go.id - Gubernur Sumsel H Herman Deru katakan Festival Seni Budaya Pelajar SMK Se-Sumatera Selatan Tahun 2022 dilaksanakan untuk mengajak generasi muda di Sumsel melestarikan keberagaman adat budaya khas Sumsel bertempat di Taman Segitiga Emas, Kamis, (15/09/2022) 

Festival Seni Budaya Pelajar SMK Se-Sumatera Selatan kali  ini dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 14-17 September 2022 dengan tema "Sebiduk Menuju Sumsel Maju".

Seiring berkembangnya teknologi dan globalisasi, HD meminta agar para kepala sekolah dari setiap bidang pendidikan untuk mempersiapkan siswa-siswinya menjadi generasi yang siap bekerja, paham IT dan digitalisasi, namun tidak meninggalkan akar budaya sebagai warga Sumsel.

"Berikan literasi kebudayaan Sumsel. Melalui kegiatan ini, HD harap akan terbentuk rasa kesatuan dari berbagai jenis budaya yang ada. Sehingga Sumsel zero konflik dapat terus terjaga resonansinya dan dirasakan oleh generasi penerus" ujar HD

Bupati OKI, Iskandar S.E., ungkapkan Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mempertahankan kebudayaan dan seni di Sumsel. Budaya dan peradaban akan timbul dan tenggelam, hal ini tergantung kita semua.

"Saya yakin apabila anak-anak didik ini kita arahkan dengan baik maka kita akan menghasilkan SDM dan peradaban yang unggul yang mampu mengelola potensi daerah di Sumsel," katanya.

Ketua Pelaksana sekaligus Kabid SMK Kadisdik Sumsel, Mondyaboni, S.E, S.Kom., tuturkan kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan kreativitas siswa SMK dan telah dimulai sejak tahun 2021 di OKUT. Diikuti 500 peserta yang berasal dari peserta didik dan guru pendamping SMK negeri dan swasta Kab/Kota se-Sumsel.

Dalam kesempatan ini, HD menyerahkan penghargaan kepada Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) atas dukungan penyelenggaraan kegiatan ini dan siswa-siswi SMK beprestasi di Sumsel.  Dan meninjau stand pameran.

Turut hadir Kajati Sumsel, Sarjono Turin, SH., Wakajati Sumsel, Nanang Ibrahim Soleh, SH., Wabud OKI, H. M. Dja'far Shodiq, Forkopimda OKI, Para Kepala OPD Sumsel, dan para Kepala Sekolah SMK Se-Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel