HD Gandeng KPK RI Kolaborasikan Kadarkum dan Bimtek Keluarga Berintegritas

Foto

Palembang, sumselprov.go.id-Gubernur Sumsel H Herman Deru membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Keluarga Berintegritas Bagi Pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan diselenggarakan KPK RI dengan tema "Pemberdayaan Peran Masyarakat Mewujudkan Keluarga Anti Korupsi Melalui Penanaman Nilai-Nilai Integritas" di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Kamis (11/8/2022).

HD mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu cara dalam mencegah terjadinya korupsi dimulai dari keluarga. HD bahkan meminta agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan pada lembaga, RT, Kelurahan hingga ke desa-desa khususnya di Sumsel.

"Pemprov Sumsel bisa menjadi mitra ke desa-desa untuk melakukan kegiatan ini. Memang butuh waktu untuk melakukan transformasi mental anti korupsi dan perlu didukung komitmen yang tinggi dari masing-masing individu. Kegiatan ini akan mempertajam pencegahan korupsi di masyarakat yang dimulai dari keluarga," katanya.

Pemprov Sumsel siap berkolaborasi dengan KPK RI dalam penyelenggaraan kegiatan ini bersamaan dengan penggalakan program Pemprov Sumsel yaitu Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum).

"Kegiatan ini pertama kali di Sumsel, sepertinya sederhana tapi saya yakini hasilnya sangat baik karena segala sesuatu biasanya dimulai dari individu, keluarga dan lingkungan masyarakat," ujarnya.

Keikutsertaan Pejabat Pemprov bersama pasangannya dalam kegiatan ini, HD harapkan akan menghasilkan sebuah komitmen anti korupsi melalui cara saling mengingatkan di lingkungan keluarga bahwa korupsi bukanlah tindakan terpuji. Sehingga dapat mempersiapkan bonus demografi 2045.

Koordinator Program Direktorat Permas KPK  Firlana Ismayadin, katakan kegiatan ini dilaksanakan untuk saling mengingatkan tentang pencegahan korupsi, penanaman nilai-nilai integritas dan cara mempertahankannya di keluarga. Karena menurutnya kebanyakan kasus korupsi melibatkan keluarga dalam praktik-praktik korupsi.

Sementara itu, Direktur pembinaan peran serta masyarakat, Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi katakan kegiatan ini akan menghadirkan narasumber berkompeten, motivator, dan juga psikolog yang bertujuan membangun kepedulian dan keharmonisan dalam keluarga. Disamping itu, tahun depan Sumsel juga akan dijadikan salah satu pilot project Desa Anti Korupsi.

"Kita ingin merubah perilaku, yang kurang baik, memang tidak mudah tapi tetap dilakukan untuk menyiapkan kader-kader dari keluarga untuk mewujudkan Indonesia emas 2045. Dengan cara pendidikan, memperbaiki sistem, dan penegakan hukum,"pungkasnya.

Turut hadir Ketua DPRD Sumsel, Hj. RA. Anita Noeringhati, SH., MH., Sekda Sumsel, S.A. Supriono, dan Para Kepala OPD Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.