HD Buka Sosialisasi Implementasi BLUD dan Kelembagaan UOBK serta Akreditasi Rumah Sakit di Sumsel

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menyampaikan apresiasi pada Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) wilayah Sumsel yang telah menyelenggarakan sosialisasi pemantapan implementasi BLUD dan kelembagaan Unit Organisasi Bersifat Khusus (UOBK) serta akreditasi Rumah Sakit pasca terbitnya UU Nomor 17 tahun 2023 tentang Kesehatan.

Kegiatan Sosialisasi Implementasi BLUD dan Kelembagaan UOBK serta Akreditasi Rumah Sakit di Sumsel tersebut dibuka HD  langsung 
di Ballroom Hotel The Zuri Palembang, Selasa (15/8/2023).

HD menilai kegiatan tersebut merupakan inisiatif yang brilian karena banyak yang tidak terfikirkan terhadap perubahan regulasi terkait manajemen rumah sakit di daerah apalagi kebijakan kebijakan yang dikaitkan dengan politik. Menurutnya, pelaksaan implementasi kebijakan-kebijakan rumah sakit daerah ini harus dipandu terutama terkait pelayanan kesehatan di rumah sakit.

"Saya berpengalaman menjadi kepala daerah Bupati, tidak mudah bagi daerah dalam menyajikan layanan yang wajib yaitu adanya rumah sakit daerah apalagi dengan adanya keterbatasan gedung, peralatan hingga kurangnya tenaga dokter," ungkapnya.

HD  mengharapkan kedepan adanya penyebaran dokter-dokter di rumah sakit daerah karena sangat berpengaruh pada pelayanan rumah sakit daerah.

"Bagaimana Ketua Umum dan Ketua ARSADA Sumsel bersama sama hal ini kita bedah dan mecarikan solusi. Menempatkan dokter di daerah ini tidak gampang walaupun sudah dengan perjanjian," tegasnya.

HD  juga mengharapkan setiap rumah sakit umum yang ada di Sumsel dapat memiliki pelayanan unggulan sehingga dapat menjadi benteng bagi masyarakat untuk tidak berobat ke daerah lain apalagi keluar negeri.

Turut hadir Ketua Umum Pengurus Pusat ARSADA, dr. Raden Heru Ariyadi, MPH., Direktur RSUD Siti Fatimah Azahra, dr. Syamsuddin Isaac Suryamanggala, Sp.OG., para pimpinan rumah sakit daerah serta para kepala OPD Provinsi Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.