HD Buka FGD Terkait Tambang Ilegal Di Sumsel

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru (HD) membuka Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Resolusi Pertambangan Tanpa Izin yang diselenggarakan oleh Aktivis Peduli Sumatera Selatan di Hotel Arya Duta Palembang, Rabu (21/12/2022).

Melalui sambutannya HD mengatakan bahwa kegiatan FGD yang dilaksanakan merupakan acara yang sangat sangat mulia, apalagi ini digagas oleh pemuda - pemuda yang cinta dengan Sumatera Selatan.

"FGD pada hari ini dengan tema resolusi tambang ilegal, dengan menghadirkan narasumber dari berbagai unsur yang berkaitan dengan tambang ilegal. Ini merupakan acara yang sangat mulia, apalagi diinisiasi oleh para pemuda yang peduli dan cinta terhadap wilayah Sumatera Selatan", ucap HD.

Sebagai pimpinan daerah, HD menyampaikan bahwa efek dari tambang ilegal ialah tidak bisa diawasinya dampak lingkungan yang diakibatkan oleh aktifitas penambangan dan dampak penghasilannya terhadap negara juga tidak bisa dilihat.

"Penambang atau pemilik lahan sumur tua ini harus kita pikirkan, agar mereka dapat menjadi penambang yang legal, ini yang harus kita pikirkan dalam FGD ini. Dan semoga dapat menghasilkan rekomendasi - rekomendasi yang sehat dan menjadi masukan untuk pihak - pihak pemangku kebijakan untuk menyelesaikan permasalahan ini", harap HD saat memberikan sambutannya.

Menutup sambutannya HD menyampaikan bahwa semua pihak tentunya ingin memanfaatkan sumber daya alam, bumi dan tanah air semata - mata untuk kesejahteraan masyarakat, "akan tetapi penambangan yang dilakukan tidak bisa dilaksanakan seenaknya saja dengan membabi buta kita juga perlu memikirkan dampak lingkungannya yang dihasilkan dari aktifitas penambangan yang dilakukan", tutur HD.

Sementara itu, Ketua Pelaksana FGD, Firdaus Hasbullah, SH menyampaikan bahwa FGD yang digelas dilaksanakan untuk mencari solusi terhadap maraknya tambang ilegal di Provinsi Sumsel dengann mencarikan solusi agar di Sumatera Selatan juga dapat diakuinya tambang - tambang rakyat seperti halnya di Provinsi Riau.

"kami berharap dengan FGD hari ini bisa dicarikan solusi untuk kedepannya agar tambang - tambang milik rakyat dapat tetap berjalan dengan memenuhi regulasi yang benar sesuai izin yang diberikan pemerintah. Agar para pemilik tambang rakyat tetap dapat menjalankan aktifitasnya", ungkapnya.

Turut hadir Para Kepala OPD Prov. Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.