HARGANAS Ke 30, HD Terima Penghargaan Tertinggi Presiden RI Satya Lencana Pembangunan

Foto

Banyu Asin, sumselprov.go.id - Penghargaan tersebut diberikan kepada Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru sebagai kehormatan  dan berjasa besar dalam lapangan pembangunan negara Republik Indonesia secara umum maupun pada bidang tertentu. Diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Wakil Presiden RI H Ma'ruf Amin bertempat di Pangkalan Balai, Kamis  (6/7/2023). 

Wapres  H Ma'ruf Amin didampingi Ibu Wuri Ma'ruf Amin saat menghadiri puncak Peringatan HARGANAS ke 30 di Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan mengatakan angka stunting di indonesia pada Tahun 2020 cukup tinggi.  

"Stunting diakibatkan karena kurang gizi dalam 2 tahun usia, pada  masa kehamilan dan pola hidup sehari-hari . Keluarga harus memilik prioritas dalam memenuhi asupan gizi. Indonesia memiliki pasokan pangan yang banyak. Keluarga yang  punya  anak remaja harus diberikan pengertian agar tidak terjadi pernikahan dini karena memiliki banyak resiko" jelas Wapres. 

Lanjut Wapres, Keluarga harus memanfaatkan layanan posyandu dan puskesnas, memantau ibu hamil dan tumbuh kembang anak, perbaikan  gizi dan  mendapatkan informasi lengkap mengenai kesehatan. 

Kepala BKKBN RI Dr (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG  menyampaikan Kualitas penduduk dan keluarga sangat  dalam menciptakan generasi yang siap dalam menghadapi bonus demografi. 

Gubernur  Sumsel H Herman Deru menyampaikan kebangaan karena Banyuasin ditunjuk menjadi tuan rumah karena Sumsel berhasil menurunkan angka stunting terbesar nasional. 

"Keberhasilan itu didapat dengan kerjasama dari berbagai pihak mulai dari Pusat, Provinsi hingga tingkat desa"  tutup HD

Selain pemberian penghargaan Satya Lencana  Pembangunan kepada H. Herman Deru Deru diberikan juga Satya  Lencana Wirakarya kepada pemerintah,dan pihak lainnya  yg mendukung program bangga kencana  dan penurunan stunting. Salah satunya diberikan kepada Ketua TP-PKK Prov Sumsel Hj Feby Herman Deru 

Selanjutnya dilaksanakan Pengukuhan Duta Bapak Asuh  Stunting diberikan kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Bupati Banyuasin Askolani Oleh Kepala BKKB. 

Diakhir acara diadakan Deklarasi Duta Genre  , Duta Paskibraka Pancasila  dan Duta Damai  BNPT

Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel