Ciptakan Kamtibmas, HD dan Forkompimda Sumsel Tandatangi Nota Kesepaham

Foto

Palembang, sumselprov.go.id-Penandatanganan Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto dan Forkompimda Sumsel di Aula Utama Lantai 7 Gedung Presisi Mapolda Sumsel, Selasa (14/6/2022). Merupakan aplikasi Patroli Gabungan, E-Pemetaan (Banghutbun), Website Rekam Medik Tahanan serta Over Dimension dan Over Loading (ODOL).

HD sangat mengapresiasi jajaran Kepolisian Daerah Sumsel yang telah membuat terobosan dengan meluncurkan ke empat aplikasi yang dikeluarkan oleh Polda Sumsel itu. Hal tersebut semata untuk memberikan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Sumsel.

Setelah melihat secara langsung kejadian melalui Aplikasi E-Patroli Gabungan, Herman Deru kagum karena melalui aplikasi ini niat yang tidak baik akan diketahui bahkan seseorang bisa menyampaikan sesuatu melalui aplikasi tersebut.

Terkait E-Pemetaan (Banghutbun) menurut HD, itu adalah persoalan yang sangat klasik karena lemahnya data. Maka dengan adanya E- Pemetaan paling tidak mencegah dan bisa dengan mudah aparat hukum untuk memposisi dimana posisi objek sengketa.

"Terus kita dapat tingkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk memonitor dari setiap titik potensi sengketa ataupun ilegal lainnya," ungkapnya.

Menanggapi Website Rekam Medik Tahanan, HD menilai bahwa ini merupakan inovasi yang baik yang berguna untuk mengetahui rekam medis seorang tahanan dan mengetahui jika tahanan tersebut ada penyakit menular ataupun lainnya.

HD juga sangat mengapresiasi Aplikasi ODOL yang merupakan prestasi besar dan baru pertama kali di Indonesia yang dapat memperkuat Perda Sumsel terkait overloading yang diharapkan dapat mentertibkan mobil truck bermuatan agar tidak melebihi kapasitas muatan yang dapat menyebabkan ruas jalan yang rusak bahkan memungkinan dapat menyebabkan kerugian nyawa.

Turut hadir Kajati Sumsel Muhamad Naim, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, Kapoksahli Brigjen TNI Muchamad Bayu Hartomo, Kepala BNN Sumsel, Brigjen Pol Djoko Prihadi, Kakanwil BPN Sumsel, Kakuyn Andar, Kepala BPOM Palembang Zulkifli serta para Kepala OPD Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.