ASO Tahap I, Mulai 30 April 2022, 4 Kabupaten/Kota di Sumsel Peralihan TV Analog ke Digital

Foto

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Sumsel H Achmad Rizwan SSTP, MM mengajak masyarakat Sumsel untuk bersiap menghadapi proses Analog  Switch Off (ASO) Tahap I yaitu siaran TV analog akan dihentikan dan beralih ke siaran TV digital. Ke 4 Kabupaten/Kota di Prov Sumsel tersebut adalah Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir (OKI) dan Banyuasin.

Ajakan tersebut disampaikan Rizwan sesaat setelah menghadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Siaran secara Simulcast di Prov. Sumsel yang diadakan oleh Tim Gugus Tugas  Migrasi Televisi Terestrial Analog ke Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Palembang, Kamis (27/1/2022).

Disampaikan Direktur Penyiaran Ir. Geryantika Kurnia, M.Eng, MA  Simulcast merupakan  penyiaran program atau acara di lebih dari satu media, atau lebih dari satu layanan di media yang sama, pada waktu yang sama.

Sumatera Selatan, sebagai salah satu provinsi yang memiliki Lembaga Penyiaran Swasta yang menyiarkan konten lokal dan budaya yang luar biasa, tentunya memegang peran penting untuk kesuksesan penyelenggaraan TV Digital ini. Oleh karena itu keterlibatan setiap stakeholder di Sumsel  sangat penting, baik itu KPI, KPID, Lembaga Penyiaran dan Pemerintah Daerah untuk bersinergi bersama dalam melangkah ke era digitalisasi televisi dan ASO.

"Peralihan siaran TV analog ke siaran TV digital di Indonesia sedang berlangsung. Dalam proses tersebut, terdapat simulcast, yaitu proses bersiaran TV Digital tanpa mengakhiri siaran TV analog" ujar Geryantika.

Dilanjutkannya  tahapan ASO  akan terlaksana dengan  tiga tahap, tahap pertama 30 April 2022 Sumsel bersama Makasar dan Bali, tahap ke kedua tanggal 25 Agustus 2022 dan tahap ketiga 2 Nopember 2022

Turut hadir Kepala Stasiun TVRI Sumsel Sukirman, Komisioner KPID Sumsel  H. Lukman Bandar Syailendra, SH, Kadis Kominfo Kab/Kota Se Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.