A Fatoni Ajak AMSI dan Semua Media Perangi Penyebaran Berita Hoaks dan Bangun Citra Baik Sumsel

Foto

Palembang. Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni Menerima audiensi Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumsel, Sidratul Muntaha dalam rangka silaturahmi dan Pelaksanaan Kegiatan Seminar dengan tema "Mampukah Sumsel Mewujudkan Swasembada Energi" serta Pelatihan Cek Fakta yang merupakan rangkaian Konferensi Wilayah Ke Tiga Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumsel.

Pertemuan tersebut berlangsung di Griya Agung Palembang hari ini (Sabtu, 4/5), dimana dalam pertemuan itu Sidratul Muntaha menjelaskan bahwa AMSI Sumsel ingin mengajak pemerintah untuk memerangi berita - berita hoaks yang ada di media sosial, terutama berita hoaks/tidak benar menjelang pemilihan kepala daerah yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Menanggapi hal tersebut, Agus Fatoni menyambut baik gagasan atau usulan yang diberikan, menurutnya penyebaran berita hoaks, fitnah dan ujaran kebencian memang sudah seharusnya diperangi bersama oleh semua pihak, tidak hanya pemerintah dan media saja melainkan semua pihak dengan kerjasama yang kolaboratif dan serentak.

"Memerangi hoaks ini penting sekali, selain itu saya juga ingin kita semua menjaga dan membuat citra sumsel ini tetap baik. Ini kerjasama yang harus dilakukan oleh semua sektor secara kolaboratif dan serentak", ungkapnya.

Ia juga menilai penangkalan berita hoaks dan fitnah - fitnah yang disebar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab harus dilawan dengan memberikan fakta yang sebenarnya kepada masyarakat, agar asumsi negatif yang terbangun dapat terbantah dan orang atau organisasi dan pemerintah yang dirugikan oleh fitnah tersebut dapat terbebas dari tudingan yang salah.

"Saya ingin kerjasama ini bisa dilaksanakan tidak hanya dalam rangka menjelang pilkada saja. Kerjasama dalam penangkalan Hoaks perlu dilakukan secara terus-menerus. Ketika pemerintah atau masyarakat memerlukan bantuan untuk membenarkan berita yang tidak benar, saya mohon AMSI dan pihak media lainnya untuk memberikan bantuannya dalam membenarkan berita hoaks tersebut", tuturnya.

Selain A. Fatoni juga berharap kepada AMSI dan semua media yang ada di Sumsel untuk membangun citra baik sumsel dengan memerangi berita hoaks serta memberitakan hal - hal positif terkait dengan perkembangan dan capaian yang diraih oleh sumsel.

Selanjutnya Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumsel, Sidratul Muntaha melalui audiensi tersebut turut mengundang Pj. Gubernur Sumsel untuk bisa hadir dalam acara Konferensi Wilayah (Konferwil) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Sumsel yang rencananya akan dilaksanakan di The Zuri Hotel Palembang pada tanggal 5 Mei 2024.

Turut hadir Para Kepala OPD Prov. Sumsel.