Pemprov Sumsel Siapkan Rp. 100 Miliar Tanggulangi Pandemi Covid-19

Selasa, 24 Maret 2020 (19:15) - (97 DIBACA) - Sumsel

Palembang, sumselprov.go.id-Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan Pemprov Sumsel menyiapkan 100 Miliar dana talangan tahap pertama untuk semua kepentingan dalam rangka menanggulangi Covid-19 dan dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 di Sumsel.

Hal tersebut diungkapkan Herman Deru didampingi Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya saat memimpin rapat lanjutan Penanggulangan Pandemi Covid-19 di Wilayah Prov. Sumsel bersama Unsur Forkopimda Prov Sumsel di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (24/03/2020).

"Dana ini adalah talangan awal jadi sangat mungkin jadi berkembang apabila kondisi berkelanjutan. Namun ya kita berdoa kepada Yang Kuasa agar hal ini dapat diatasi sesegera mungkin," ujarnya.

HD mengatakan bahwa rapat ini dilakukan untuk memantapkan langkah terkait instruksi Presiden yang disampaikannya dalam video conference tertutup dengan topik "Pengarahan Presiden Kepada Gubernur Menghadapi Pandemik Covid-19" bersama dengan 33 Gubernur Lainnya dari seluruh provinsi, Selasa, (24/03/2020), kemudian akan berlanjut juga dengan video conference bersama Bupati/Walikota se-Sumsel.

Dijelaskan HD bahwa rapat ini membahas tentang kesiapsiagaan secara nasional dan di pertajam untuk wilayah Sumsel yang difokuskan pada upaya-upaya pemerintah mencegah dan menangkal Covid-19 dan menjaga produktivitas serta kestabilan ekonomi di lapangan.

"Status Sumsel juga jadi tanggap darurat atau siaga setelah 2 orang PDP yang meninggal dunia, meskipun sampai saat ini belum terlapor hasil Litbangkes Kemenkes apakah positif atau negatif Covid-19. Tapi status perlakuan jenazah sebagai korban Covid-19,"jelasnya.

Lanjutnya, bahwa tindak lanjut dari status tersebut dengan Kepres 9 Tahun 2020, dan tindak lanjut Inpres 4 Tahun 2020 tentang cadangan keuangan Pemerintah daerah guna menghadapi ini yang berfokus pada refokusing dan realokasi guna mengantisipasi Covid-19 dan dampaknya dalam berbagai sektor terkait kesehatan, sosial dan ekonomim

Dijelaskannya HD bahwa Pemprov Sumsel juga menyiapkan karantina bagi ODP masing-masing 1000 Wisma Atlet dan 1000 Asrama Haji. "Dengan adanya tambahan Rumah Sakit second line, TNI Polri juga punya rumah sakit disiapkam untuk PDP,"katanya.

"Yang harus kita jaga adalah kestabilannya, bahkan jika ada yang masyarakat gradenya dapat turun karena dampak Covid-19 jadi miskin akan ada bantuan dari dana sosial,"tambahnya.

Dalam kesemoatan itu, juga dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto, Pangdam II Srwijaya, Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum., Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Hj. R.A Anita Noeringhati SH, MH., Wakajati Sumsel Sumsel Oktavianus, dan menyampaikan saran untuk mengoptimalkan berbagai upaya yang ada.

Turut hadir Sekda Prov Sumsel,H Nasrun Umar, Kadinkes Prov Sumsel, Hj Lesty Nurainy, Apt, M.Kes., Kadis Kominfo Prov Sumsel, H Achmad Rizwan, SSTP, MM., Kadis Perdagangan Prov Sumsel, Drs Iwan Gunawan Syaputa, M.Si., Plt Kepala BPKAD Prov Sumsel, Akhmad Mukhlis SE., M.Si. wakajati Prov Sumsel, Octavianus.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.