Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

HD Ajak Masyarakat Ubah Stigma Negatif Tentang Pasien Positif Covid-19

Kamis, 21 Mei 2020 (18:40) - (56 DIBACA) - Sumsel

Muara Enim, sumselprov.go.id-
Hal tersebut diungkapkannya saat meninjau Posko Covid19 Kabupaten Muara Enim sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) di Posko Covid-19 Komplek Perkantoran Islamic Center Muara Enim, Kamis (21/05/2020).

Selain itu, HD juga mengajak masyarakat untuk mengikuti anjuran dari pusat dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19.

"Mari kita hilangkan stigma negatif terhadap pasien terkonfirmasi covid-19 karena mereka adalah korban. Dan juga ayo kita menumbuhkan kesadaran untuk disiplin diri bagi masyarakat yang merupakan OTG dan sedang melakukan isolasi mandiri," katanya.

HD juga mengapresiasi atas kinerja gugus tugas Muara Enim yang telah mendukung dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19. Menurutnya, belum diketahui pasti kapan pandemi akan berakhir, maka Pemda perlu menyiapkan langkah yang efisien, efektif, dan tepat sasaran dalam penanganannnya.

"Berbagai usaha harus dimaksimalkan dalam penanganan yang kita lakukan dan UMKM tetap harus berjalan. UMKM tetap harus jadi perhatian bukan sekedar permodalan keterampilan, tetapi pemasaran juga selama masa pandemi ini," katanya.

HD menjelaskan bahwa PSBB adalah pembatasan sosial berskala besar dan bukan penutupan dan pemberhentian. Dan upaya-upaya memutus rantai penyebaran covid-19 perlu didukung oleh semua pihak.

Dijelaskannya bahwa bantuan yang diberikannya ke kab Muara Enim adalah sebagian APBD, dan didukung oleh BUMN, BUMD, BUMS dan instansi vertikal lainnya sebagai tanggung jawab sosial dan lingkungan.

"Namun ingatkan bahwa terima bantuan berupa barang saja tidak dalam bentuk uang. Teruslah layani dan berbuat untuk masyarakat," tutupnya.

Turut hadir Pangdam ll/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan,S.I.P., M.Hum, Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri, Plt Bupati Muara Enim, Juarsah, Kepala BPBD Sumsel H. Iriansyah, S Sos, SKM, M.Kes, Kadinsos, Mirwansyah, SKM., MKM, Kadis PERKIM Ir. Basyaruddin Akhmad MSc, Plt. Kadis PU BM-TR Dharma Budhi, Kadis Perhubungan Nelson Firdaus, Kadis Ketahanan Pangan Taufik Gunawan.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.