Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan Raih Tiga Penghargaan dari KLHK RI

Rabu, 02 Oktober 2019 (23:25) - (198 DIBACA) - Sumsel

Jakarta, sumselprov.go.id --  Provinsi Sumatera Selatan lagi-lagi menerima penghargaan , kali ini Penghargaan yang diterima Provinsi Sumatera Selatan adalah Penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim Tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Penghargaan  ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Kepada Gubernur Sumatera Selatan yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan Provinsi Sumatera Selatan Edwar Chandra di Aula Manggala Wana Bhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia di Jakarta, Rabu (02/10/2019).

Disamping Penghargaan  Apresiasi Pembinaan  Proklim yang diterima Gubernur Sumatera Selatan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan juga menerima Penghargaan Provinsi Terbaik Inventarisasi Gas Rumah Kaca Tahun 2019 dan Kepala  Dinas Kehutan Provinsi Sumatera Selatan menerima Penghargaan Provinsi yang telag melaksanakan registrasi di Sistem Registrasi Nasional Pelaporan Gas Rumah Kaca.

Seperti diketahui Program Kampung Iklim (Proklim) adalah program pelestarian dalam penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang dilakukan masyarakat dalam wilayah desa yang berlingkup nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim yang dapat meningkatakan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Penghargaan ini diterima Provinsi Sumatera Selatan dikarenakan telah menetapkan kebijakan/peraturan serta melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim) di wilayahnya yang menjadi kontribusi nyata Pemerintah Daerah dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya mengungkapkan, upaya menciptakan lingkungan yang sehat harus didukung dan diprogramkan secara nyata oleh Pemerintah Daerah.

“Kami sangat apresiasi kepada pemerintah daerah yang sangat aktif mendukung program kampung iklim ini, jika semua pemerintah daerah peduli, mka lingkungan yang sehat akan dapat kita nikmati,” ungkap Siti Nurbaya.

Kepala Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan Edwar Chandra ketika dihubungi Tim MC Diskominfo Sumsel mengatakan “Kita mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan ini sebagai bentuk partisipasi masyarakat dan bukti kemandirian masyarakat dalam pengelolaan lingkungan melalui program kampung iklim. Diprogram ini banyak yang bisa dilakukan masyarakat seperti pembuatan kompos, penanaman tanaman herbal dan ada juga sumbangsih dunia usaha sebagai pembina  dengan memberikan bimbingan termasuk juga memberikan bantuan kepada desa-desa/kampung-kampung iklim tersebut. Harapan kedepan lebih banyak lagi masyarakat menyelenggarakan kampung iklim ini,” pungkas Edwar

Penghargaan Proklim Utama dan Lestari di Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan Surat Direktur Adaptasi Perubahan Iklim Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan RI Nomor UN.114/API/AEB/DTL.0/9/2019 Tanggal 25 September 2019 kepada pelaksana proklim Desa Sidomulyo Kabupaten Muara Enim penerima Proklim Lestari dan Desa Suka Makmur Kabupaten Musi Rawas penerima Proklim Utama.

Sedangkan, Penghargaan apresiasi pembinaan proklim lanjut diberikan kepada Gubernur Sumsel berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor Un.84/PPI/API/PEE.7/9/2019.

MC Diskominfo Prov.Sumsel/CleY