Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Ishak Nyatakan Himssi Lahirkan Atlet Unggul

Jumat, 10 Maret 2017 (10:37)

Palembang- Ratusan peserta seni pencak silat dari berbagai daerah seperti provinsi Riau, Jambi, Bengkulu ramaikan Aula SMP/SMA Olahraga Sriwijaya (SONS) Jakabaring, dalam rangka Kejuaraan Nasional I Himpunan Seni Silat Generasi Penerus (Himssi GP). Kejurnas tingkat I Himssi GP diawali pemukulan gong tanda dibukanya kegiatan oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Ishak Mekki yang sekaligus sebagai Ketua Himssi provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). 

 

Kejurnas tingkat I Himssi GP ditujukan untuk mengevaluasi sejauh mana bakat dari taruna seni pencak silat, dan juga untuk mencari cikal bakal bibit unggul atlit pencak silat provinsi Sumsel. 

 

Ishak Mekki menyatakan, generasi penerus harus mencintai pencak silat yang menjadi warisan budaya leluhur Indonesia dan jangan sampai nanti pencak silat dikuasai budaya luar. Melalui kejuaraan seperti ini memang menjadi kegiatan yang tidak hanya saja untuk meraih juara, tetapi juga sebagai sarana pengembangan pencak silat bagi generasi penerus. 

 

Perlu diketahui, Lanjut Ishak, Himssi merupakan perguruan yang selama ini terus berkembang di Indonesia, mengenai prestasi yang dicetak Himssi tidak perlu diragukan lagi, sebab Himssi telah banyak menorehkan prestasi baik itu ditingkat regional, nasional hingga internasional. 

 

"Harapan saya dengan terselenggaranya kejurnas ini bisa meningkatkan kualitas pencak silat dibawah naungan Himssi," harapnya 

 

Sedangkan untuk pengembangan pencak silat di provinsi Sumsel sendiri telah digalakan sekolah-sekolah agar memuat ekstrakulikuler pencak silat selain sebagai ekstrakulilkuler, pecak silat juga sebagai olahraga. Tidak hanya itu saja di Sumsel juga telah melakukan tournament keliling untuk mengajak dan memotivasi anak-anak daerah agar  mencintai pencak silat, terlebih pencak silat di Sumsel itu selalu menjadi unggulan di kejuaraan-kejuaraan. 

 

"Jadi cintailah pencak silat yang menjadi warisan budaya leluhur Indonesia, sehingga pencak silat tidak dikuasai budaya luar, sebab negara-negara luar juga menyukai pencak silat, bahkan mereka mengambil pelatih-pelatih dari Indonesia untuk belajar pencak silat," tegas Wagub

 

Masih Ishak, sehubungan dengan diadakanya kejurnas di SONS, SONS yang juga sekolah kebanggaan di Sumsel ini merupakan tempat yanga sangat tepat diselanggarakan kejurnas disini. 

 

SONS juga diharapkan bisa mencetak generasi terbaik dalam hal pengembangan olahraga, apalagi letak sekolahnnya tidak jauh dari Jakabaring Sport City (JSC) yang sudah diakui dunia sebagai Destinasi Sport Tourism atau lebih singkatnya kawasan wisata olahraga. JSC dengan Infrasturktur olahraga yang sudah bertaraf internasional tidak hanya dinikmati oleh atlit luar saja tapi seluruh atlit khususnya provinsi Sumsel. 

 

"Tidak ada selain di Sumsel terletak kompleks olahraga yang mempunyai venue olahraga dalam satu hamparan, jadi SONS harus ikut menyongsong olahraga Sumsel dengan melahirkan cikal bakal atlit yang unggul," tutup Ishak 

 

Dalam kesempatan ini juga dihadiri oleh Ketua Umum PB Himssi GP Drs. H. M Akib. A. M.Si, Sekjen PB Himssi GP M. Helmi Yoga, Wakil Ketua Umum KONI Sumsel Dhennie Zainal

HP/MC Diskominfo Ptov. Sumsel/TM