Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Alex Noerdin; Kejar Pembangunan Empat Lawang Disisa Jabatan 2013-2018

Selasa, 10 Januari 2017 (15:26)

Palembang- Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengharapkan kepada Bupati definitif Kabupaten Empat Lawang, Syahril Hanafiah, agar dapat bekerja keras membangun Empat Lawang disisa masa jabatan 2013-2018.

Menurut Alex, dengan APBD Empat Lawang hanya Rp. 800 Milyar tentu akan sangat sulit membangun daerah. Namun,Pemerintah Kabupaten Empat Lawang harus bisa mencontoh apa yang sudah dilakukan Pemerintah Provinsi Sumsel yang dengan APBD kecil mampu menarik dana lebih besar dari luar untuk membangun Sumsel.

"Pada SKPD Empat Lawang harus pintar-pintar menarik dana dari luar, kalau hanya dengan APBD tidak akan bisa membangun dengan baik," tegas Alex.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin saat pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati Kabupaten Empat Lawang sisa masa jabatan 2013-2018 di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov. Sumsel, Selasa (10/1).

Alex Noerdin menambahkan, Empat Lawang merupakan salah satu Kabupaten yang tertinggal di wilayah Provinsi Sumsel, ketertinggalan meliputi banyak hal seperti infrastruktur rusak, kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi, dan,lainnya.

Untuk itu, lanjut Alex, disisa masa jabatan yang ada tugas Bupati definitif Syahril Hanafiah masih banyak hal yang harus dilakukan mulai dari membenahi Infrastruktur, hingga penempatan para SKPD harus sesuai dengan latar belakang dan kemampuan masing-masing.

Alex menghimbau, sebagai kepala daerah agar tidak terlalu sering meninggalkan daerahnya, harus selalu berapa di tempat, karena jabatan ini adalah amanah dari rakyat. "Saya percaya kepada saudara Syahril Hanafiah. Saya khusus mengatakan ini karena saya sendiri berasal dari Empat Lawang," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Alex Noerdin juga menyampaikan apresiasinya kepada Kapolres dan Dandim yang terus menciptakan suasana kondusif Kabupaten Empat Lawang. Namun, kata Alex, semua ini harus didukung penuh seluruh lapisan masyarakat.

"Kepada Kajari, Dandim dan Kapolres saya titipkan daerah ini, siapa yang berhasil di Empat lawang pasti akan naik. Inilah tentang Empat Lawang dengan suka dukanya," ujar Alex.

Terkait jabatan Wakil Bupati yang akan mendampingi Syahril Hanafiah, Gubernur Alex Noerdin menegaskan agar pemilihan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada dan tepat waktu. Pasalnya, tanggal 26 Februari 2017 merupakan batas waktu untuk pemilihan Wakil Bupati.

Alex berharap, tahapan yang dilalui dalam pemilihan wakil Bupati harus berjalan dengan baik sehingga jangan sampai mendapat halangan dan kendala yang akan menghambat, dan bila diperlukan konsultasikan agar mendapat wakil yang memang sejalan.

"Memilih wakil itu harus yang sejalan, contohlah seperti Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, selalu sejalan seperti kakak beradik," ujar Alex.

Sementara, Bupati Empat Lawang Syahril Hanafia mengatakan, disisa masa jabatan ini dirinya akan bekerja keras meningkatkan pembangun Kabupaten Empat Lawang, sesuai dengan pesan dan apa yang di instruksikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin. 

Menurutnya, akan ada lelang jabatan untuk 4 SKPD dan lelang jabatan Sekretaris Daerah. Untuk pelantikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 sudah dilakukan, dan diminggu ini juga akan kita lakukan pelantikan pejabat Eselon IV. Setelah itu, kata Syahril, tetap akan dilakukan evaluasi selama enam bulan untuk mengejar capaian pembangunan.

"Untuk mengisi kekosongan Wakil Bupati akan kita lakukan sesuai dengan mekanisme yang ada bersama dengan DPRD Empat Lawang, masih banyak yang harus kita kejar disisa masa jabatan yang sedikit ini," terangnya.

Plt Bupati Empat Lawang Syahril Hanafiah dilantik menjadi Bupati Empat Lawang, meneruskan sisa masa jabatan, dengan tekat melanjutkan visi dan misi membangun Empat Lawang Emass (Ekonomi Maju Aman Sehat Sejahtera)

Hadir dalam pelantikan ini, Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki, Plt Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Joko Imam Sentosa, Ketua TP-PKK Provinsi Sumsel Hj. Eliza Alex, para Asisten, Staf Ahli, dan SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel, serta FKPD Kabupaten Empat Lawang.

MC  Diskominfo Prov. Sumsel/TM