Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Kalahkan Thailand 2-1, Indonesia Selangkah Lagi Juara AFF

Kamis, 15 Desember 2016 (08:17)

TEMPO.CO, Jakarta - Tim nasional Indonesia sukses memetik kemenangan 2-1 atas Thailand pada laga pertama final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, malam ini, Rabu, 14 Desember 2016.

Kemenangan ini akan menjadi modal bagi tim Merah Putih untuk menghadapi laga kedua babak final di kandang Thailand pada Sabtu, 17 Desember 2016. Dalam laga kedua nanti tim asuhan Alfred Riedl ini hanya butuh hasil seri untuk merebut gelar pertamanya di turnamen antarnegara Asia Tenggara ini.

Thailand lebih dulu unggul 1-0 melalui  sundulan kepala Teerasil Dangda pada menit ke-33. Kapten timnas Thailand itu berdiri bebas di depan gawang, sehingga umpan silang dari kanan pertahanan Indonesia berhasil diselesaikan dengan baik.

Indonesia tidak bisa mencetak satu pun gol di babak pertama. Walhasil kedudukan 1-0 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga istirahat turun minum.

Di babak kedua, Boaz Solossa dan rekan-rekannya berusaha mengejar ketertinggalan. Pertandingan pun berjalan sengit.


Indonesia berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan jarak jauh yang dilakukan oleh Rizky Ripora pada menit ke-65. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Selang empat menit kemudian, pelatih timnas Alfred Riedl menarik pemain belakang Beny Wahyudi dan memasukkan penyerang Lerby Eliandry untuk menambah daya serang.

Perubahan strategi Riedl pun berbuah manis. Selang dua menit kemudian, Indonesia berhasil mencetak gol kedua. Rizky Ripora melakukan sepak pojok, dan disambut dengan sundulan Hansamu Yama ke gawang Thailand. Kedudukan pun menjadi 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Thailand beberapa kali melakukan serangan balik. Namun tak satu pun serangannya menghasilkan gol untuk menyamakan kedudukan dengan Indonesia. Sampai peluit panjang ditiupkan, Indonesia berhasil mempertahankan kedudukan 2-1.

FRISKI RIANA

HP/MC Dishubkominfo Prov. Sumsel/TM